Tips Lulus Seleksi BUMN Bergaransi Sukses, Nothing is Impossible

Tips Lulus Seleksi BUMN
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Saat ini, informasi mengenai tips lulus seleksi BUMN semakin banyak dicari. Terutama oleh para fresh graduate yang baru saja menyelesaikan pendidikannya. Apa sebenarnya keuntungan bekerja di BUMN sehingga para pencari kerja berusaha keras untuk menembusnya? Dan seperti apa tips ampuh untuk diterima di instansi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Keuntungan Bekerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Mendapatkan seat atau posisi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) masih menjadi impian mayoritas orang di negeri ini mengingat benefit yang didapatkan sangat banyak. Namun, persaingan yang harus dilalui pun amat sengit. Sehingga, mereka pun harus mencari alternatif profesi lain dengan keuntungan yang kurang lebih setara PNS.

Salah satu dari sekian opsi yang paling mendekati adalah dengan bekerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Secara teknis, pegawai bekerja kepada perusahaan di mana pemerintah menjadi pemegang saham mayoritas sekaligus memiliki hak suara terkuat. Namun, mereka tidak berstatus sebagai PNS, sebab BUMN merupakan lembaga profitable alias komersil.

Meski demikian, hak-hak yang didapatkan pegawai BUMN tidak berbeda jauh dibandingkan PNS. Bahkan, dalam beberapa aspek, karyawan BUMN memiliki keuntungan lebih, antara lain :

  • Gaji yang besar dan stabil karena gaji didasarkan pada profit perusahaan serta diatur dengan tegas dalam kontrak kerja yang sah. Sedangkan PNS dapat mengalami kenaikan maupun penurunan gaji bergantung besaran APBD yang didapatkan daerah tempatnya mengabdi.
  • Selain gaji pokok, pegawai BUMN juga mendapatkan tunjangan rutin. Meskipun PNS juga mendapatkan tunjangan, nominalnya tidak sebesar karyawan BUMN. Terlebih saat perusahaan sedang menghasilkan profit berlipat ganda, bonus yang diterima pekerja pun turut meningkat drastis.
  • Karyawan BUMN cenderung lebih mudah mendapatkan fasilitas pendukung dari perusahaan dibandingkan dengan PNS akibat persoalan anggaran yang terbatas.
  • Seperti PNS, pegawai BUMN juga mendapatkan tunjangan hari tua atau dana pensiun yang cukup besar.
Baca juga :   4 Cara Cerdas Mencari Lowongan Pekerjaan Secara Online

Hanya saja, selayaknya karyawan di perusahaan swasta, individu bersangkutan harus siap dengan resiko pemutusan kontrak kerja sepihak dan sewaktu-waktu bila situasi perusahaan berstatus genting. Selebihnya, untuk jadwal masuk, libur, jam kerja aktif, dan cuti, peraturannya sama dengan PNS.

Mengenal Macam-Macam Tes Sebagai Panduan Tips Lulus Seleksi BUMN

Tips Lulus Seleksi BUMN Bergaransi Sukses, Nothing is Impossible | MyRobin

Sebagaimana seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), karyawan BUMN pun melalui rangkaian tes yang kurang lebih sama. Apa saja jenis tes yang harus dilalui?

Seleksi Administrasi

Tahap pertama dari rangkaian tes untuk penerimaan karyawan baru BUMN adalah seleksi administrasi. Dalam tahapan ini, curriculum vitae atau CV berikut dokumen lain seperti surat lamaran, ijazah pendidikan terakhir, transkrip nilai, sertifikat, dan SKCK dari Kepolisian. Calon yang memenuhi semua persyaratan dokumen akan lulus ke step berikutnya.

Ujian Tulis

Untuk tes tulis di seleksi penerimaan karyawan BUMN, terdapat beberapa tahapan, yakni : tes General Aptitude Test (GAT) atau istilah lainnya adalah tes IQ, tes akademik menyangkut pengetahuan pelamar atas posisi yang diincar, Psikotes untuk mengetahui kemampuan logika berpikir kandidat, terakhir tes Bahasa Inggris berupa writing, listening, dan speaking.

Wawancara

Para pelamar yang berhasil melewati dua tahapan tes sebelumnya akan melenggang ke tahap wawancara. Perusahaan melangsungkan tes ini untuk mengetahui kemampuan berkomunikasi kandidat. Tes ini sendiri tidak dilakukan sekali, bisa 2-3 kali. Step pertama adalah interview pribadi pelamar dengan penguji dan kesempatan lainnya adalah wawancara dalam bentuk forum diskusi.

Baca artikel terkait Tips Interview Kerja.

Tes Kesehatan / Medical Check Up

Sebelum membahas tips lulus seleksi BUMN, tes selanjutnya yang harus dihadapi oleh pelamar adalah pemeriksaan kesehatan. Perusahaan biasanya menetapkan standar tertentu akan kondisi kesehatan calon karyawan. Sebagai informasi, memasuki tahap tes kesehatan bisa dipastikan Anda 100% telah lulus penerimaan dan hanya tinggal menunggu pengumuman resmi saja.

Baca juga :   Tips Wawancara Agar Sukses Diterima Bekerja

Masa Pelatihan / On The Job Training

Jika memenuhi ke empat syarat yang telah ditetapkan perusahaan sepenuhnya, maka pelamar akan langsung memasuki masa pelatihan sekaligus uji kinerja di lapangan. Bukan berarti sudah resmi diterima karena on the job training sendiri masih termasuk tes untuk melihat kecakapan pelamar saat praktik, bukan sekadar mahir soal teori semata.

Cara-Cara Agar Sukses dalam Seleksi BUMN Tanpa Kendala

Setelah mengetahui rangkaian tes dalam seleksi penerimaan pegawai baru BUMN, Anda akan lebih mudah untuk mempersiapkan diri. Dengan demikian, Anda akan menjalani tes dengan lancar sehingga mendapatkan hasil sesuai harapan. Persiapan yang perlu Anda lakukan dalam menghadapi seleksi BUMN adalah sebagai berikut :

Menyiapkan Dokumen Seleksi

Dokumen-dokumen berupa ijazah, transkrip, dan semacamnya memegang peranan penting dalam seleksi. Jadi, pastikan Anda menyiapkannya selengkap dan sesempurna mungkin. Untuk ijazah, pastikan telah dilegalisir lembaga pendidikan terkait. Buat pula surat lamaran yang terstruktur dan CV yang rinci. Jangan lupa meminta SKCK dari pihak Kepolisian. Periksa ulang semua dokumen sebelum pengajuan.

Mempelajari Materi Seperlunya Untuk Tes Tulis

Jika Anda dinyatakan lulus seleksi dokumen, tahap selanjutnya adalah rangkaian tes tulis. Untuk tes GAT, hal itu sepenuhnya bergantung pada IQ Anda dan tidak dapat dimanipulasi. Sedangkan pada tes akademik, Anda perlu memahami benar tentang aspek-aspek yang berkaitan dengan posisi incaran Anda.

Sementara soal Psikotes, Anda membutuhkan ketenangan dalam berpikir agar dapat menalar soal yang diberikan sesuai logika. Terakhir, tes Bahasa Inggris sifatnya opsional, tergantung instansi bersangkutan. Ada perusahaan yang menyelenggarakannya, ada pula yang tidak namun mengharuskan pelamar menyertakan laporan skor TOEFL sebagai pembuktian kemampuan berbahasa Inggris.

Baca juga :   Tips Melamar Kerja Tanpa Pengalaman

Ketenangan dalam Menjalani Wawancara

Tips lulus seleksi BUMN dalam tes wawancara adalah Anda harus memastikan diri dalam kondisi tenang. Jangan gugup, apalagi stres dan tertekan. Ketegangan akan membuat Anda gagal karena tidak bisa menunjukkan performa terbaik dalam berkomunikasi. Padahal, sebagai karyawan BUMN dituntut pandai membangun koneksi melalui kelancaran komunikasi.

Istirahat Cukup dan Jaga Kebugaran Untuk Medical Check Up

Meski secara teknis telah lulus jika mencapai tahap uji kesehatan, Anda tetap harus memerhatikan kebugaran tubuh. Terutama menjelang pelaksanaan medical check up. Supaya hasil tes bagus, usahakan istirahat teratur, mengonsumsi makanan sehat, dan rutin berolahraga. Jika bisa, lanjutkan kebiasaan positif tersebut agar tidak hanya berlangsung untuk seleksi saja.

Berikan Performa Terbaik dalam Masa Pelatihan

Untuk tahapan seleksi terakhir sebelum resmi diterima sebagai karyawan BUMN, yaitu masa pelatihan, Anda wajib memberikan performa terbaik. Kerjakan tugas harian dan jalin komunikasi dengan lingkungan tempat kerja serta jaga hubungan yang baik. Poin tersebut akan membantu Anda melewati tahapan terakhir seleksi tanpa hambatan berarti dan berpeluang besar untuk lulus.

Bila Anda mempraktikkan seluruh tips lulus seleksi BUMN di atas dengan baik dan benar, maka sangat kecil kemungkinan mengalami kegagalan. Sejatinya, cara-cara tersebut tidak sulit untuk dikerjakan asalkan Anda memiliki kemauan dan tekad yang kuat untuk lulus tes penerimaan dan diterima sebagai karyawan BUMN.

Bekerja di perusahaan BUMN bukanlah satu-satunya pilihan. Anda bisa memulai karir anda di perusahaan apapun. Dengan begitu anda akan mendapatkan lebih banyak pengalaman. Jika anda ingin melamar kerja di perusahaan ternama anda bisa kunjungi app.myrobin.id website penyedia lowongan kerja terpercaya.

Saya ingin melamar kerja

Saya ingin melamar kerja

Saya ingin merekrut pekerja

Saya ingin merekrut pekerja

Bagikan artikel ini:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel lainnya

Saya ingin melamar kerja
Saya ingin mencari kerja
Saya ingin merekrut pekerja
Saya ingin merekrut pekerja
Logo MyRobin

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda