Mencari pekerjaan merupakan salah satu keinginan banyak orang setelah lulus sekolah. Pekerjaan dibutuhkan oleh banyak orang agar mampu mendapatkan penghasilan dan juga meningkatkan kemampuan pria. Namun seringkali mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Ada yang memiliki pendidikan namun tidak memiliki kesempatan.
Berbagai alasan membuat kebanyakan orang merasa mencari pekerjaan merupakan hal yang sulit. Tetapi pekerjaan harus didapatkan untuk dapat bertahan hidup dan menghidupi keluarga.
Untuk bisa mendapatkan pekerjaan dengan cepat maka simaklah beberapa tips mencari kerja yang efektif. Hal tersebut dapat membantu Anda untuk mempersiapkan diri dan mendapatkan pekerjaan sesuai dengan minat yang disukai.
Cara meningkatkan berkas lamaran pekerjaan
Salah satu yang harus dipersiapkan ketika melamar pekerjaan adalah menyiapkan berkas lamaran pekerjaan. Seringkali bagi yang masih lulusan baru akan bingung untuk membuat berkas lamaran.
Ini merupakan salah satu faktor dimana perusahaan bisa tertarik dengan diri Anda. Untuk itu berkas lamaran pekerjaan harus disusun dengan menarik dan informatif. Ini juga merupakan salah satu tips mencari kerja yang harus dipenuhi. Bagaimana cara meningkatkan berkas lamaran, simaklah informasi di bawah ini.
Tulislah surat lamaran yang profesional
Ketika ingin melamar sebuah lowongan pekerjaan maka Anda harus memintanya dengan sopan. Dengan mengirimkan surat lamaran maka Anda dengan resmi menyatakan tertarik dan ingin melamar lowongan yang tersedia.
Penggunaan bahasa dalam surat lamaran harus resmi dan sesuai. Jangan lupa untuk menuliskan surat tersebut ditujukan kepada siapa dan alamat lengkapnya.
Buatlah daftar riwayat hidup / cv / resume yang benar
Berkas utama yang harus disiapkan untuk melamar kerja adalah daftar riwayat hidup. Dimana dalam daftar riwayat hidup akan diinformasikan secara jelas mengenai diri Anda.
Mulai dari jenjang pendidikan yang diambil, pengalaman kerja, data diri, minat dan berbagai sertifikat yang diraih. Berbagai informasi tersebut dibutuhkan oleh perusahaan untuk mempertimbangkan apakah diri Anda cocok dengan jenis pekerjaan yang dibutuhkan.
Anda bisa membuat CV gratis dan keren di app.myrobin.id
Periksa kembali dokumen yang telah dibuat
Ketika seluruh dokumen dan lampiran telah disiapkan, maka sebaiknya Anda periksa kembali apakan penulisan sudah sesuai atau apakah sudah lengkap sesuai dengan syarat yang ditentukan. Jangan sampai Anda salah atau bisa-bisa Anda tidak lulus proses administrasi.
Lampirkan pas foto terbaru
Pada saat mempersiapkan dokumen untuk melamar pekerjaan maka sebaiknya Anda melampirkan foto terbaru diri. Hal tersebut agar pihak perusahaan dapat mengenal Anda lebih jauh. Lampirkan foto dengan pakaian rapi dan pas foto formal.
Tips mencari lowongan kerja yang sesuai
Untuk bisa memiliki kestabilan finansial tentunya Anda harus memiliki pekerjaan untuk bisa mencukupi kehidupan. Ketika mencari kerja biasanya akan membutuhkan waktu yang cukup lama dan terkadang bisa membuat stress. Untuk itu simaklah tips mencari kerja yang sesuai di bawah ini.
Lamarlah pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan dan pengalaman Anda
Setiap orang tentu memiliki keterampilan masing-masing. Untuk itu sebaiknya Anda pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan yang dimiliki. Hal tersebut dilakukan agar nantinya Anda tidak kesulitan menyesuaikan diri dengan jenis pekerjaan.
Carilah informasi pekerjaan yang relevan di situs pencarian kerja online
Saat ini teknologi sudah sangat maju begitu juga dengan internet. Berbagai hal terdapat di internet, begitu juga dengan lowongan kerja. Anda bisa mengakses berbagai layanan pencari kerja online untuk mendapatkan informasi yang relevan. Dengan melakukan lamaran secara online maka Anda bisa memasukkan langsung beberapa lamaran sekaligus.
Bergabung dengan app.myrobin.id saya mendapatkan banyak rekomendasi kerja sesuai kemampuan saya, cukup 1 tempat tidak perlu mencari kesetiap job portal
Bambang Setia Putra
Pilihlah perusahaan yang banyak membutuhkan pekerja
Ketika Anda mencari pekerjaan secara online maka biasanya terdapat informasi apa saja jenis pekerjaan yang dibutuhkan dan berapa orang yang akan diambil. Anda bisa memilih perusahaan yang membutuhkan banyak tenaga kerja atau memilih lowongan yang tidak banyak dilamar oleh orang lain. Hal tersebut bisa meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan.
Mintalah bantuan untuk mencari pekerjaan
Bagi Anda yang memiliki relasi atau teman yang bekerja di sebuah perusahaan, maka Anda bisa meminta informasi jika terdapat lowongan pekerjaan. Biasanya jika menitip melalui teman atau kerabat maka berkas lamaran akan langsung diberikan kepada pihak HRD, sehingga prosesnya lebih cepat.
Tips menyiapkan diri untuk Interview
Setelah menerapkan berbagai tips mencari kerja, selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan diri untuk menghadapi wawancara. Ketika berkas lamaran Anda lolos maka perusahaan akan memanggil untuk melakukan wawancara agar mengetahui karakter lebih dalam. Untuk itu simaklah tips menyiapkan diri untuk wawancara di bawah ini. Anda juga bisa baca artikel Tips Interview Kerja dan Cara Menjawab Pertanyaan Jebakan.
Kumpulkan informasi mengenai jenis lowongan yang Anda lamar
Berbagai jenis pekerjaan terdapat dalam sebuah perusahaan. Ketika melamar pekerjaan tentunya Anda harus mengetahui gambaran besar dari pekerjaan. Dengan mengumpulkan berbagai informasi terkait jenis pekerjaan yang dipilih maka membantu untuk membuat Anda lebih paham dan bisa bekerja dengan baik.
Pelajari profil perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan
Selain mempersiapkan informasi tentang diri, Anda juga harus mempersiapkan informasi tentang perusahaan tempat wawancara. Hal tersebut biasanya akan ditanyakan untuk mengetahui apakah Anda mengenal perusahaan dengan baik.
Lakukan latihan untuk dapat menjawab pertanyaan dengan benar
Hadapkanlah wajah Anda ke kaca dan mulailah berlatih berbicara. Dengan begitu maka Anda bisa melihat langsung bagaimana ekspresi diri sendiri. Anda bisa langsung memperbaikinya agar terlihat lebih baik. Mempersiapkan diri akan berpengaruh terhadap keberhasilan saat wawancara.
Perhatikan penampilan Anda ketika menghadiri wawancara
Berpakaian rapi saat menghadiri wawancara merupakan keharusan. Ketika datang maka untuk pertama kali Anda akan dinilai dari penampilan sebelum aspek yang lainnya. Berpenampilan menarik juga bisa menjadi keunggulan pada saat wawancara.
Buatlah daftar pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan untuk dipelajari
Anda bisa mencari beberapa pertanyaan yang biasanya sering ditanyakan pada saat wawancara di internet. Dengan begitu maka Anda bisa mempersiapkan jawaban yang mungkin akan cocok untuk pertanyaan tersebut. Hal ini juga membantu agar Anda tidak gugup ketika di depan orang.
Baca juga artikel tentang 10 Pertanyaan Interview Kerja yang Sering Ditanyakan HRD.
Tanyakan kepada kerabat bagaimana mereka menghadapi wawancara
Tanyakanlah pengalaman wawancara yang mungkin pernah dilakukan oleh kerabat Anda. Hal tersebut bisa memberikan Anda informasi mengenai bagaimana gambaran pada saat wawancara. Dengan mengetahui hal tersebut maka Anda bisa menyiapkan diri dengan lebih baik.
Itulah berbagai tips yang bisa Anda jadikan sebagai panduan tips mencari kerja yang efektif. Dengan menerapkan seluruh tips dengan baik dan sesuai anjuran maka Anda bisa menyiapkan diri untuk lebih matang ketika melamar pekerjaan. Hal tersebut bisa menjadi keunggulan yang bisa menjadi daya tarik utama.
Pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat Anda, agar kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan tersebut dapat lebih besar. Dengan bekerja sesuai minat dan bakat maka Anda bisa lebih menikmati pekerjaan. Jika belum berhasil pada suatu lamaran pekerjaan maka janganlah menyerah dan cobalah lagi hingga mendapatkannya.
Dapatkan informasi menarik lain seputar karir, pekerjaan, bisnis, dan lain sebagainya di Blog MyRobin. Tunggu apa lagi?! update wawasanmu sekarang juga!