Barista: Pengertian, Tugas, dan Tips Suksesnya

Young beautiful barista wearing brown apron holding hot coffee cup served to customer with smiling face at bar counter,Cafe restaurant service concept.waitress working

Barista adalah seorang profesional yang bertugas membuat dan menyajikan minuman seperti kopi, teh, dan minuman spesial lainnya. Mereka bertanggung jawab untuk menerima pesanan dan pembayaran pelanggan. Mereka juga membersihkan dan mensanitasi area kerja, area tempat duduk, dan peralatan/perlengkapan mereka.

Tugas & Tanggung Jawab Barista

Barista juga terkadang membuat snack untuk pelanggan serta melayani pelanggan agar mereka nyaman dan puas. Berikut ini beberapa tanggung jawab seorang barista:

  • Menyambut pelanggan saat mereka masuk
  • Menyediakan menu minuman kepada pelanggan dan menjawab pertanyaan mereka tentang bahan-bahannya
  • Menerima pesanan sambil memperhatikan detail (misalnya preferensi campuran kopi, rasio susu dan gula)

Tugas Barista

  • Sapa pelanggan saat mereka masuk
  • Berikan menu minuman kepada pelanggan dan jawab pertanyaan mereka tentang bahan-bahannya
  • Menerima pesanan sambil memperhatikan detail (misalnya preferensi campuran kopi, rasio susu dan gula)
  • Siapkan minuman berikut resepnya
  • Sajikan minuman dan makanan siap saji, seperti kue kering, kue kering, dan muffin
  • Menerima dan memproses pembayaran (tunai dan kartu kredit)
  • Jaga kebersihan area bar
  • Pertahankan stok mug dan piring bersih
  • Periksa apakah peralatan pembuatan bir beroperasi dengan benar dan laporkan kebutuhan perawatan apa pun
  • Mematuhi peraturan kesehatan dan keselamatan
  • Komunikasikan umpan balik pelanggan kepada manajer dan rekomendasikan item menu baru

Cara Menjadi Barista yang Sukses

Barista yang Sukses
Barista yang Sukses

Menjadi barista sekarang ini memang sedang tren. Tetapi menjadi barista bukan hanya sekadar pelayan pembuat kopi, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan seperti di bawah ini:

Menjadi Pendengar yang Baik

Seringkali pelanggan yang datang belum memiliki pilihan dan gambaran tentang minuman yang akan mereka pesan, terlebih jika itu adalah pengalaman pertama masuk ke kedai kopi.

Tugas Anda sebagai barista adalah mendengarkan apa yang menjadi keinginan dan preferensi pelanggan. Dengan begitu Anda dapat menyarankan minuman dan makanan yang tepat sesuai dengan kesukaan mereka.

Akrab Dengan Mesin Kopi

Seorang barista juga dituntut untuk mampu mengoperasikan mesin kopi, baik secara manual maupun digital. Hal ini dikarenakan ada beberapa kedai kopi yang masih menggunakan cara tradisional dalam menghidangkan kopi mereka.

Anda juga harus paham cara merawat mesin kopi. Pemeliharaan serta perawatan mesin kopi adalah tugas Anda. Pastikan Anda membersihkan mesin secara berkala dengan benar agar mesin awet.

Tahu Teknik Pembuatan Kopi

Anda harus paham mengenai cold brew, French press, Vietnam drip dan teknik lainnya. Hal ini tentunya merupakan hal dasar karena Anda adalah seorang barista.

Sekarang ini juga semakin marak kedai kopi yang mengutamakan barista dengan kemampuan Latte Art. Selain karena semakin banyak pengunjung yang memesan, Latte Art juga membuat minuman menjadi menarik.

Mau Terus Belajar

Segala hal tentang kopi juga terus mengalami perkembangan, termasuk cara pembuatan kopi serta variasi kopi. Sebagai seorang barista, Anda dituntut untuk mau terus belajar agar tidak ketinggalan. 

Dengan terus memperkaya diri dan mengetahui tren terkini, Anda bisa membuat menu baru yang pastinya bisa mendatangkan pelanggan. Menu baru bisa diperoleh dari hasil eksperimen sendiri maupun memodifikasi menu yang sudah ada sebelumnya.

Tips Menjadi Barista yang Baik dan Sukses

Agar bisa menjadi barista yang ahli di bidangnya, Anda dapat mengikuti beberapa tips di bawah ini:

Ikuti Pelatihan

Walaupun sudah menjadi barista, tidak ada salahnya untuk tetap menjalani pelatihan tentang kopi, terutama yang belum Anda kuasai. Sertifikasi semacam ini akan membuat kemampuan Anda dalam meracik kopi semakin baik.

Di pelatihan tersebut, selain ilmu, Anda juga bisa mendapatkan lingkungan baru yang pastinya akan membawa manfaat baru, terutama dalam hal perkopian.

Tampil Rapi dan Harum

Sebagai seseorang yang pertama berhadapan dengan pelanggan, tentu penampilan itu penting. Kesan pertama yang didapat pelanggan tentunya bukan menu di kedai tetapi sapaan Anda kepada mereka. Bahkan bisa jadi mereka datang memang untuk Anda.

Jika ingin menjadi seorang barista yang baik, maka mau tidak mau Anda harus mulai memperhatikan penampilan. Bukan berarti harus memakai pakaian yang mahal dan bermerk terkenal, tetapi yang penting adalah kerapian dan tentu saja wangi.

Gunakan Media Sosial

Tidak bisa dipungkiri bahwa sekarang ini peran media sosial dalam mempromosikan sesuatu sangat dahsyat. Anda juga dapat menggunakan peluang ini untuk mempromosikan diri dan hasil karya Anda.

Unggah momen ketika Anda melayani pembeli hingga mengunggah sajian Latte Art yang Anda buat. Ini juga bisa menjadi portofolio jika nanti Anda akan melamar kerja di tempat baru.

Humoris

Sebagai salah satu posisi yang juga memegang peran sebagai customer service, Anda juga harus memiliki selera humor yang baik. Terkadang pelanggan yang datang ke kedai sedang mengalami keadaan hati yang kurang baik, namun dengan sedikit guyonan segar dari Anda bisa jadi bisa mengembalikan keceriaan mereka.

Sapa dengan senyum ramah, puji keberadaan pelanggan dan sisipkan humor ringan dapat membuat pengalaman pelanggan di kedai kopi Anda menjadi semakin berkesan.

Seorang barista bisa dikatakan adalah tonggak terdepan dari sebuah kedai kopi. Barista yang handal akan mampu menghasilkan minuman yang pastinya akan disukai pelanggan. Jika Anda berkeinginan menjadi seorang pelanggan, maka tidak ada salahnya jika Anda mulai mempersiapkan diri mulai dari sekarang.

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

2 Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cepat kerja, banyak untungnya pula!