Tugas Merchandiser, Jenis, Skillset yang Dibutuhkan, dan Kisaran Gajinya

merchandiser

Tugas merchandiser bukan hanya memajang barang atau produk di toko agar menarik perhatian pembeli, tetapi lebih dari sekadar itu. 

Seorang merchandiser bertanggung jawab menciptakan visual desain dan tata letak produk yang baik dan strategis, supaya bisa meningkatkan sales

Pekerjaan ini paling banyak dibutuhkan di industri retail untuk merangsang customer melakukan pembelian, lewat pemajangan barang dengan menerapkan beberapa strategi. 

Lantaran turut berpengaruh pada penjualan di toko, seorang merchandiser harus memiliki keterampilan khusus yang dibutuhkan untuk menunjang pekerjaannya. 

Berikut terangkum informasi tentang tugas merchandiser, jenis, peluang karier, dan kisaran gaji yang ditawarkan. 

Apa itu MD (merchandiser display) dalam pekerjaan?

Pernahkah  Anda pergi ke swalayan dan mendapati produk-produk dipajang dengan rapi, bahkan ditata dengan desain atau konsep unik? Kegiatan itu disebut merchandising

Merchandising adalah kegiatan menampilkan atau menyusun produk dengan perencanaan tertentu untuk menarik dan merangsang customer sehingga melakukan pembelian. 

Nah, orang yang melakukan kegiatan merchandising dikenal dengan merchandiser. Pengertian merchandiser ini sendiri berbeda-beda menurut banyak sumber. 

Merchandiser adalah orang yang bertanggung jawab atas tampilan produk yang dipajang di toko. Profesi ini termasuk bagian dari sales dan marketing

Sementara menurut Repsly, merchandiser adalah orang yang bertanggung jawab atas segala hal yang terjadi pada produk, dari mulai barang dikirimkan ke toko hingga saat dibeli customer

Tugas merchandiser bervariasi tergantung industri tempat Anda bekerja. Namun, secara umum tanggung jawabnya meliputi memeriksa stok barang, menata rak, mempersiapkan display, label harga, dan promosi.

Tugas merchandiser secara umum

Merchandiser artinya pekerja yang bertugas memastikan produk dipajang sesuai SOP dan strategi tertentu dengan tujuan menciptakan impulse pembelian. 

Peran seorang merchandiser sangat dibutuhkan demi menciptakan desain visual yang menarik di toko. Terutama saat musim atau perayaan besar, seperti Idul Fitri dan Natal. 

Tata letak yang diterapkan sedemikian rupa dapat berpengaruh pada kebiasaan orang membeli. Keberhasilan dari pekerjaan ini turut berdampak pada keuntungan bisnis. 

Jobdesk merchandiser di tiap industri berbeda-beda, misalnya tugas merchandiser  minimarket dengan toko perlengkapan rumah tentu tak sepenuhnya sama. 

Namun, secara umum pekerjaan yang nanti Anda pegang yaitu sebagai berikut. 

1. Memeriksa kelayakan produk

Merchandiser juga mengambil peran sebagai pengawas barang yang dijual di toko. Sebelum dipajang agar rapi, Anda wajib memastikan kelayakan produk. 

Mulai dari tanggal kadaluarsa, kondisi kemasan, dan bentuknya, agar tidak ada barang rusak yang dipajang, sehingga mengganggu pemandangan dan berisiko dikomplain customer

2. Merancang strategi display

Seorang merchandiser dituntut untuk bisa berpikir kreatif ketika merancang desain tata letak. Selain rapi, produk yang ditata harus menggunakan beberapa strategi agar mampu menarik perhatian customer

Misalnya, meletakkan produk secara vertikal atau horizontal, menata barang yang lagi trend di paling depan, serta menerapkan First in First Out untuk consumer goods. 

Merchandiser harus memahami barang mana saja yang harus di-highlight agar mudah dilihat dan dijangkau pelanggan. Alhasil bisa meningkatkan penjualan produk. 

3. Memprediksi trend market 

Kebutuhan akan suatu produk terus berubah seiring perkembangan pasar. Kalau minggu ini produk A sedang jadi incaran pelanggan, belum tentu hal sama akan terulang di minggu atau bulan depan.

Jadi, merchandiser harus peka dengan trend yang muncul di masyarakat dan memprediksi produk apa yang mungkin disukai pelanggan di musim berikutnya.

Misalnya pada industri fashion produk yang sedang tren yaitu pakaian berbahan rajut, dress cutting-an A-line atau bucket hat

Maka produk tersebutlah yang harus Anda letakan di tempat strategi, agar terlihat oleh pelanggan dan mendorong pembelian. 

4. Memeriksa ketersediaan barang

Tugas merchandiser selanjutnya adalah memeriksa ketersediaan barang. Anda ditugaskan memajang produk dengan jumlah sesuai demi meminimalisir kehabisan atau penumpukkan stok di rak. 

Apabila produk yang ditata sudah tidak ada, maka merchandiser bisa mengajukan pembelian ulang pada staff penjualan. 

5. Menerapkan strategi promosi

Jika Anda tertarik jadi merchandiser, tugas yang akan diemban selanjutnya adalah menerapkan strategi promosi untuk barang yang dipajang. 

Tujuannya agar pelanggan semakin tertarik membeli produk karena ada penawaran menarik. Selain itu, promo juga bisa meningkatkan loyalitas pelanggan lho. 

Salah satu promo paling umum adalah potongan harga, bundle, dan sebagainya. 

6. Menjaga kebersihan rak

Produk yang ditata rapi dan menarik akan sia-sia kalau berdebu dan kotor. Pelanggan akan beralih mencari barang atau toko lain yang lebih bersih. Jadi, sebagai merchandiser Anda wajib menjaga kebersihan kemasan produk, rak, serta toko. 

7. Memberikan informasi produk

Terakhir adalah memberikan informasi mengenai produk yang dijual. Bisa berupa deskripsi singkat, label harga, dan nama produk agar pelanggan tahu barang apa yang ingin dibeli. 

Penempatan label harga juga harus sesuai, jangan sampai tertukar dengan produk sejenisnya. Pembeli akan merasa kecewa kalau ternyata harga yang dilihat di rak berbeda saat dibayar. 

Jenis-jenis merchandiser

Setelah memahami tugasnya, mari kenalan dengan jenis-jenis merchandising. Profesi sales merchandiser memiliki spesialisasi bervariasi berdasarkan fokus dan tempat kerjanya. 

1. Retail merchandising

Sesuai dengan namanya, retail merchandising adalah kegiatan menata produk atau barang di industri retail. Sebagai contoh, minimarket, swalayan, dan hypermarket

Merchandiser yang bekerja di sini bertanggung jawab mengelola produk dan melakukan pemajangan yang out of the box, unik, dan sesuai SOP perusahaan. 

Fungsi merchandiser yaitu bagaimana menciptakan desain toko yang bisa bersaing dengan kompetitor, menarik pelanggan masuk hingga berbelanja di toko.  

2. Visual merchandising

Teknik penataan produk yang mengedepankan visual dengan konsep unik dan berbeda. Biasanya diterapkan di toko fashion, perhiasan, atau peralatan rumah tangga. 

Sebagai contoh adalah IKEA, di mana furniture dan barang lainnya didesain sedemikian rupa seperti rumah asli, agar pembeli makin tertarik. 

Selain itu, pelanggan juga mendapat gambaran bagaimana tampilan produk tersebut saat diletakan di rumah sekaligus menunjukkan fungsinya. 

Dilansir dari Indeed, teknik ini memiliki beberapa aspek komposisi dari presentasi produk. Di dalamnya termasuk mempertimbangkan pencahayaan, lokasi penempatan produk, dan spanduk yang digunakan untuk menunjang promosi. 

3. Digital merchandising

Digital merchandising atau e-commerce merupakan kegiatan menata produk dan menetapkan strategi promosi secara daring di marketplace atau website

Tugas merchandiser e-commerce adalah memastikan produk yang digambar sesuai dengan aslinya dan memilih gambar unggulan untuk dipajang di etalase digital. 

Jobdesk merchandiser sesuai industri kerja

Sebagaimana dikatakan di awal, bahwa jobdesk merchandiser berbeda-beda tergantung industrinya. Yuk, simak tugas merchandiser lebih detail lagi lewat pembahasan ini. 

1. Fashion

Fashion merchandiser adalah pekerja yang melakukan kegiatan merchandising. Tugas mereka meliputi melakukan perencanaan, mengembangkan, menganalisis trend, dan menyediakan busana sesuai trend yang dibutuhkan customer

Merchandiser di sini juga bertanggung jawab memesan produk dari garment, melakukan negosiasi dengan supplier, mencari pakaian berkualitas baik, dan memastikan barang yang dipesan datang tepat waktu. 

Barulah merchandiser akan memajang produk tersebut berdasarkan perencanaan tata letak yang sudah dibuat. 

2. Garment

Merchandiser garment adalah orang yang bekerja di pabrik pembuatan pakaian. Tugas merchandiser garment adalah menjadi penghubung antara pembeli dengan industri. 

Selain itu, mereka juga bertanggung jawab membeli bahan baku, menjalankan produksi, menyiapkan dokumentasi, dan memastikan produk selesai tepat waktu. 

Jika dibedah lebih jauh, tugas merchandiser garment yakni mempersiapkan surat dan pesanan pembeli, memberikan saran ke QC, dan mengatur jadwal pengiriman produk.

3. Minimarket merchandiser

Tugas merchandiser Indomaret atau minimarket lainnya, tak jauh berbeda dengan di ritel. Nantinya Anda bertanggung jawab atas tata letak dan display produk untuk menarik konsumen. 

Merchandiser minimarket bertugas mengelola produk yang dipajang, memastikan jumlahnya tidak kurang atau berlebihan, menentukan bagaimana produk akan disusun, dan strategi promosi apa yang ingin diterapkan. 

4. Admin merchandiser

Salah satu pekerjaan sales merchandiser yang bertugas membuat laporan keuangan, penjualan, ketersediaan barang, membuat daftar produk yang akan ditayangkan di situs atau marketplace perusahaan, dan mengelola invoice.

Skill yang wajib dimiliki calon merchandiser

Ada standar yang harus dimiliki merchandiser andal. Bagi Anda yang tertarik berkarier di posisi ini, wajib simak penjelasan berikut. 

1. Kreativitas

Merchandiser dituntut untuk menciptakan keinginan atau dorongan membeli lewat penataan produk yang baik. Oleh sebab itu, Anda harus memiliki kreativitas tinggi apalagi jika ingin bekerja sebagai visual merchandiser. 

Penataan barang bukan sekadar meletakan produk berjajar rapi, tetapi bagaimana membuat produk tersebut terlihat menarik dan unik dengan menerapkan teknik-teknik display yang ada. 

2. Kemampuan komunikasi

Punya ide brilian akan sia-sia kalau tidak disampaikan dengan baik. Apalagi jika Anda bekerja di dalam tim sebagai pemimpin. 

Seorang merchandiser harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik, agar proses penyampaian ide bisa dimengerti oleh timnya. 

Di samping itu, Anda juga akan sering berhubungan dengan supplier untuk membahas mengenai stok dan pemesanan barang. 

3. Pengetahuan tentang produk dan pasar

Tujuan menampilkan produk dengan penataan menarik adalah untuk mendorong pelanggan masuk ke toko dan melakukan pembelian. 

Kalau merchandiser tidak memahami produk dan perusahaan tempat Ia bekerja, ini dapat menghambat pekerjaan. 

Selain gagal menampilkan tata letak yang sesuai, Anda juga bisa mengalami kendala karena tidak tahu harus menghubungi supplier mana untuk melakukan pemesanan. 

4. Kemampuan bekerja dalam tim

Dalam menjalani pekerjaannya, merchandiser tidak bisa bekerja sendiri. Walaupun mungkin, tetapi kebanyak profesi ini dilakukan bersama tim. 

Anda harus bisa bernegosiasi dan berkompromi dengan rekan setim, apabila ada perbedaan pendapat dalam menentukan konsep display untuk musim tertentu. 

Di samping itu, merchandiser juga bekerja sama dengan staff penjualan dan marketing hingga inventaris untuk menyimpan produk dengan aman. 

5. Menganalisis

Keterampilan menganalisis sangat dibutuhkan merchandiser untuk mengidentifikasi tren apa yang akan mulai tahun depan dan mempersiapkan stok barang sejak dini. 

Ini juga berlaku untuk membandingkan harga barang antara supplier satu dengan lainnya untuk mendapatkan harga dan kualitas sesuai. 

Kisaran gaji merchandiser 

Setelah tahu jenis sales merchandiser, kira-kira berapa gaji yang diberikan untuk menjalankan tanggung jawab di atas? 

Salary yang ditawarkan untuk merchandiser  bervariasi sesuai level dan tergantung pengalaman Anda. Namun, dilansir dari beberapa situs, gajinya kurang lebih sama dengan SPG terendah yakni Rp3.600.000-Rp4.500.000 per bulan. 

Akan tetapi, tinggi rendahnya gaji juga difaktori oleh industri dan seberapa besar perusahaan Anda. 

Nah, kalau ingin cara lowongan merchandiser dengan gaji tinggi Anda bisa manfaatkan app.myrobin.id dan temukan berbagai posisi di perusahaan terpercaya di Indonesia. 

Ada informasi tentang gaji yang diberikan juga! Jadi, bisa pilih dan melamar ke lowongan yang Anda inginkan saja. Buruan, daftar sekarang!

5 Types of Merchandisers (With Pros, Cons and Salaries)

Merchandiser: Definition, Job Description, Salary, and More

5 Types of Merchandising You Should Know

Retail merchandiser: job description

Visual Merchandiser responsibilities include

What is a Merchandiser? Skills, Qualifications and Types of Job Roles

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cepat kerja, banyak untungnya pula!