Cara Memposting Lowongan Kerja di LinkedIn

Cara Memposting Lowongan Kerja di LinkedIn

Cara Memposting Lowongan Kerja di LinkedIn – Sejak diluncurkan pada tahun 2003, LinkedIn telah menjadi salah satu jaringan paling populer di dunia untuk para profesional, dan diketahui punya 660 juta anggota. Sangat mudah untuk bisa terhubung dengan para profesional lain melalui platform ini. Anda hanya perlu membuat profil terbaik di sana. Hanya saja, LinkedIn sebetulnya tidak hanya mencakup hal tersebut.

Cara Memposting Lowongan Kerja di LinkedIn
Cara Memposting Lowongan Kerja di LinkedIn

Platform ini menyimpan banyak sekali kandidat potensial. Artinya, perusahaan bisa memanfaatkannya jika ingin mencari calon pekerja untuk mengisi jabatan tertentu. Perusahaan dapat posting lowongan pekerjaan untuk mencari kandidat terbaik di sana.

Berikut ini akan diperlihatkan bagaimana cara memposting pekerjaan di LinkedIn menggunakan metode yang berbeda. Sekaligus memungkinkan bagi Anda untuk menemukan kandidat yang tepat saat membuat banyak iklan lowongan pekerjaan dalam satu kali pengiriman.

Cara Memposting Lowongan Kerja di LinkedIn

Pertama, Buat Halaman LinkedIn

Untuk dapat hasil terbaik saat posting iklan lowongan kerja di LinkedIn, Anda perlu buat dulu halaman LinkedIn khusus perusahaan. Pada halaman tersebut akan memuat informasi tentang perusahaan Anda. Membuat halaman perusahaan LinkedIn ini gratis, mudah, dan dapat diperbaharui terus jika diinginkan. Hal ini tentu akan memperkuat branding perusahaan Anda sendiri.

Apabila Anda adalah pengguna lama LinkedIn, membuat halaman perusahaan di platform tersebut tentu tidak akan terlalu sulit. Namun, jika nyatanya Anda masih pengguna baru, Anda pun tidak bisa langsung melakukan pembaharuan profil. Tunggu beberapa hari hingga akun Anda aktif, lalu buat halaman perusahaan, baru boleh posting iklan lowongan pekerjaan di sana.

Pastikan ketika Anda membuat profil perusahaan di LinkedIn, betul-betul punya nilai tersendiri. Selain itu, bila perlu Anda harus buat koneksi dengan setidaknya 5 pengguna LinkedIn lainnya. Jangan lupa juga, cantumkan profil Anda sebagai salah satu karyawan perusahaan. Tunjukkan pula email perusahaan yang sudah bertaut dengan akun LinkedIn milik Anda.

Apabila Anda sudah punya halaman perusahaan di LinkedIn, Anda bisa melihat semacam beranda yang menampilkan berita. Nanti, panel beritanya akan terus terupdate, yang memunculkan beberapa postingan lowongan pekerjaan berbayar.

Sekarang, Bagaimana Anda Dapat Beriklan Di LinkedIn?

Melalui platform Anda bisa beriklan lowongan pekerjaan untuk mengisi posisi tertentu. Kandidat akan menemukan postingan Anda melalui jaringan LinkedIn, atau melihatnya pada tab menu “pekerjaan yang mungkin Anda minati”.

Anda bisa langsung posting info lowongan kerja di LinkedIn menggunakan sistem slot jobs, atau PPC (pay-per-click). Berikut masing-masing penjelasannya:

Job Slot

Perusahaan dapat mencoba membeli sejumlah job slot untuk menempatkan iklan lowongan pekerjaannya. Jika Anda pakai sistem ini, iklan lowongan pekerjaan yang Anda posting akan ditampilkan selama 30 hari. Apabila sudah mencapai 30 hari, Anda boleh beli kembali job slotnya supaya dapat ditampilkan ulang. Ketika job slot masih berada pada waktu perjanjian, Anda pun boleh mengganti jenis posisi atau jabatan yang diinginkan.

Sebagai contoh saja, misalkan satu job slot Anda bisa posting sebanyak 20 iklan lowongan kerja. Selama jangka waktu yang ditentukan, Anda boleh mengubah, memperbaharui, atau mengakhiri iklan lowongan kerja tersebut kapan saja selama belum melewati batas waktu.

PPC (Pay-Per-Click)

Kalau pakai metode ini Anda dapat memposting iklan lowongan pekerjaan dengan mengatur anggaran harian yang diinginkan. Misalnya dihitung berdasarkan berapa orang yang mencoba melihat tampilan postingan Anda.

Apabila Anda tidak mau mengeluarkan budget terlalu banyak, atur saja anggaran maksimum yang diinginkan. Sehingga postingan iklan lowongan kerja Anda akan ditunda sebelum anggaran tersebut habis.

Bagaimana Cara Berbagi Iklan Lowongan Pekerjaan Di LinkedIn?

Melalui Umpan Berita Halaman Perusahaan

Tidak jarang, Anda menemukan kandidat terbaik untuk posisi yang sedang dicari oleh perusahaan Anda. Kebetulan dirinya menjadi follower halaman akun LinkedIn perusahaan Anda. Hampir mirip seperti Facebook, Anda bisa gunakan umpan berita untuk membagikan iklan lowongan kerja pada halaman karir perusahaan.

Setiap kali Anda posting berita terbaru, maka semua yang menyukai halaman karir Anda akan mengetahuinya. Artinya baik karyawan lama maupun calon karyawan baru akan mengetahui jika ada posisi kosong di perusahaan Anda. Melalui umpan berita tersebut, Anda bisa tulis deskripsi pekerjaan yang ditawarkan. Semua pengikut Anda mungkin akan membuka jaringan lebih luas lagi, sehingga informasi ini akan makin tersebar.

Berita terbaru pun dapat disukai oleh siapa saja yang berhasil melihatnya. Pembaca dapat menambahkan komentar dan menandai nama pengguna LinkedIn lainnya yang mungkin cocok untuk pekerjaan itu. Aktivitas pembaharuan umpan berita terbaru tersebut juga akan muncul pada umpan berita pengguna LinkedIn lainnya. Sehingga bisa dikatakan dapat sekaligus meningkatkan eksposure Anda.

 Cara Lain Untuk Membagikan Postingan LinkedIn

LinkedIn ini sebetulnya mengandalkan kekuatan jaringan. Maka, jangan sampai melupakan nilai Anda sendiri. Selain memposting pada halaman perusahaan Anda sendiri, Anda juga dapat mencoba cara seperti:

●   Bagikan Iklan Lowongan Pekerjaan Ke Grup LinkedIn. Bagikan iklan lowongan pekerjaan Anda pada grub yang Anda ikuti. Hal ini akan menarik lebih banyak orang dengan beragam keterampilan dan bakat yang sesuai. Anda juga bisa meminta anggota grup tersebut untuk membagikan ke jaringan lain yang lebih luas.

●   Bagikan Iklan lowongan kerja pada akun profil LinkedIn milik Anda. Postingan Anda tersebut akan dilihat oleh rekan Anda sesama pengguna LinkedIn. Ada kemungkinan mereka akan menyebarkan ke orang lain dari segala arah. 

Job Wrapping

LinkedIn pun punya punya layanan yang disebut sebagai “Job Wrapping”. Layanan ini diperuntukkan bagi yang memiliki akses LinkedIn recruiter. Melalui layanan ini, memungkinkan iklan lowongan kerja akan terposting secara otomatis pada Job Slot yang tersedia. Hal ini karena layanan Job Wrapping sendiri sudah terintegrasi dengan piranti lunak milik LinkedIn. Dengan begitu, waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama, dan Anda bisa memanfaatkan slot Jobs seefektif mungkin.

Limited Listing Di LinkedIn

Merupakan postingan iklan lowongan kerja yang dikumpulkan dari seluruh situs iklan pencari kerja. Mereka akan terlihat oleh banyak kandidat yang secara aktif melakukan pencarian pekerjaan atau melihat lowongan di LinkedIn perusahaan.

Tidak seperti iklan pekerjaan berbayar, Limited Listing ini tidak akan dipromosikan secara aktif pada anggota LinkedIn yang lain. Posting melalui Job Slot terbukti 9 kali berpeluang ditayangkan daripada yang menggunakan Limited Listing ini. Layanan ini bisa diartikan tidak terlalu menjamin keberhasilan postingan iklan lowongan kerja akan efektif.

Posting Pada Beberapa Situs Iklan Pencari Kerja

Untuk mendapatkan perekrutan terbaik, Anda harus memposting pekerjaan di beberapa situs pencari kerja sekaligus, termasuk LinkedIn. Namun, terus keluar masuk situs tentu menghabiskan banyak waktu. Baca juga tentang Bagaimana Cara Menulis Deskripsi Iklan Lowongan Kerja Yang Baik?.

Anda bisa memanfaatkan perangkat lunak dalam bidang recruitment seperti ATS. Software tersebut akan membantu Anda memposting banyak iklan lowongan kerja pada banyak situs dalam satu kali proses.

Software ini juga akan membuat database perekrutan menjadi lebih praktis. Waktu yang tersisa bisa Anda jadikan peluang untuk memilih kandidat terbaik untuk menempati posisi perusahaan Anda.

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terima beres! rekrut hingga penggajian