Search
Close this search box.

Pentingnya Employee Wellness Program atau Kesehatan Karyawan bagi Produktivitas Perusahaan

Employee Wellness Program

Karyawan adalah aset perusahaan yang perlu diperhatikan. Apabila SDM mengalami burnout atau masalah kesehatan maka produktivitas ikut menurun yang berdampak buruk pada jalannya operasional perusahaan.

Untuk mencegahnya, perusahaan perlu membuat employee wellness program untuk memastikan kesehatan fisik dan psikis karyawan tetap terjaga.

Berdasarkan data dari Zippia, sekitar 53% perusahaan besar memiliki program kesehatan karyawan. Contohnya, memberikan kelas yoga, pijat gratis, hingga menyediakan makan siang sehat. 

Employee wellness adalah program yang dirancang untuk mempromosikan kesehatan dan kesejahteraan karyawan di tempat kerja. 

Ikuti pembahasan di sini untuk tahu definisi, keuntungan, jenis dan cara penerapan kesehatan karyawan yang tepat. 

Memahami employee wellness/kesehatan karyawan

Employee wellness program adalah program yang dibuat untuk memelihara kesehatan fisik dan mental karyawan selama di tempat kerja. 

Karyawan yang mendapat dukungan melalui program ini, lebih minim mengalami masalah kesehatan, sehingga dapat tampil terbaik dalam bekerja. Hal ini tentunya berpengaruh pada produktivitas dan keuntungan perusahaan. 

Di masa Covid-19, setiap orang sudah sadar pentingnya kesehatan. Beberapa perusahaan pun, kini berlomba-lomba menyediakan program khusus demi memastikan pegawainya sehat secara jasmani dan rohani. 

Perusahaan dapat menawarkan berbagai pelatihan, seminar kesehatan, fasilitas olahraga, layanan pijat, makan siang sehat serta mengadakan program penurunan berat badan untuk karyawan obesitas.   

Selain fisik, masalah kesehatan mental yang dialami membuat karyawan jadi tidak bahagia. Seringkali juga berdampak pada penampilan dan kondisi tubuh orang tersebut. Contohnya, jadi rentan marah, pusing, dan lemas.

Apabila perusahaan acuh, keharmonisan di lingkungan kerja ikut terganggu. Misalnya, karyawan yang burnout menjadi tidak semangat bekerja sehingga menurunkan kualitas pekerjaannya. 

Parahnya, jika terus berlanjut KPI bisa tidak tercapai dan menambah beban tim. Anggota departemen itu akhirnya harus mengambil alih dan memperbaiki pekerjaan karyawan tersebut. 

Dampak jangka panjangnya, beban kerja tim bertambah dan produktivitas yang menurun berpotensi mengurangi peluang bisnis mendapat keuntungan dan unggul di pasaran. 

Tujuan adanya program employee wellness agar karyawan memiliki pola hidup sehat, kembali bersemangat menjalani rutinitas, dan meningkatkan kepuasan kerja. 

Perencanaan program kesehatan harus sejalan dengan visi misi perusahaan. Bagian sumber daya manusia dapat menggunakan data dan survey untuk mengukur seberapa besar kepuasan dan melihat pemicu masalah kesejahteraan karyawan. 

Mengapa penting menciptakan employee wellness program?

Program employee wellness adalah serangkaian agenda yang dijalankan untuk mendorong peningkatan kualitas karyawan dari sisi kesehatan. 

Menjaga mental pegawai tetap sehat adalah usaha jangka panjang untuk mempertahankan aset sekaligus menarik talenta berbakat saat perekrutan.

Salah satu cara memelihara kesehatan karyawan bisa berupa penyediaan fasilitas, pemberian tunjangan, maupun kesempatan seperti mengikuti program berhenti merokok dan sebagainya. 

Perusahaan mungkin perlu mengeluarkan biaya untuk menjalankan employee wellness program, namun diharapkan program tersebut akan berperan penting terhadap kesehatan karyawan. Berikut adalah alasan pentingnya memperhatikan kesehatan karyawan. 

1. Menjaga kualitas pekerjaan

Karyawan berbakat yang memiliki performa terbaik harus dipertahankan dengan memastikan ia tidak mengalami burnout atau stress. Program konsultasi gratis dengan psikolog mampu mengurangi risiko masalah kesehatan mental. 

Apabila karyawan berbakat bahagia, kualitas pekerjaan tetap terjaga. Di sisi lain, memberikan tunjangan dan fasilitas demi menunjang kesehatan mental dapat menarik talenta profesional lainnya. 

2. Mendorong efisiensi dan produktivitas

Karyawan yang bugar dan sehat psikis lebih bersemangat menjalani rutinitas. Tingkat keterlibatan yang tinggi turut mengarah pada peningkatan produktivitas dan efisiensi. 

Program kesehatan karyawan membuat pegawai fokus dan memiliki cukup energi menyelesaikan pekerjaan. 

3. Mengurangi healthcare cost

Berapa jumlah dana yang perlu perusahaan keluarkan untuk menanggung banyak karyawan sakit? Membangun program kesehatan karyawan termasuk solusi jangka panjang untuk mengurangi healthcare cost dan menurunkan absensi. Memperhatikan kesehatan dan kebahagian karyawan sama saja mempertahankan kualitas pekerjaan. 

Cara membangun employee wellness program

Cara membuat program employee wellness/kesehatan karyawan dapat ditempuh dengan beberapa tahapan. Perusahaan bisa memulai dengan langkah-langkah di bawah ini. 

1. Menentukan ukuran perusahaan

Program kesehatan karyawan bisa memerlukan biaya besar, tergantung banyak pegawai dan ukuran perusahaan. Oleh sebab itu, harus pertimbangkan dengan matang tujuan jangka panjang. 

Apabila perusahaan berencana memberikan fasilitas olahraga, pilih opsi yang paling menghemat biaya dan bermanfaat untuk karyawan. 

Contohnya, perusahaan mungkin lebih hemat membayar keanggotaan gym daripada membeli alat olahraga yang mahal dan memerlukan perawatan.

Selain itu, program kesehatan harus disesuaikan dengan tujuan perusahaan. Misalnya, jika sasaran Anda agar karyawan tidak menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar, memberikan kelas yoga gratis merupakan pilihan. 

2. Membangun tim khusus

Menciptakan agenda untuk mendorong kesehatan karyawan perlu waktu dan resources, sehingga perusahaan perlu mempertimbangkan membuat tim khusus yang bertugas merencanakan dan menguji program. 

Tim komite kesehatan dapat dipimpin oleh bagian sumber daya manusia untuk mengawasi program agar terstruktur dan berjalan efektif. 

Demi memastikan kebutuhan karyawan terpenuhi, anggota tim khusus sebaiknya berasal dari perwakilan karyawan berdasarkan divisi dan tingkatan. 

3. Mengidentifikasi kebutuhan karyawan

Bagian sumber daya manusia bisa melakukan riset sederhana untuk memahami apa yang karyawan butuhkan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraannya di kantor. 

Pengumpulan data penting agar perusahaan menyediakan program yang memang bermanfaat. Contohnya, bagian SDM atau tim khusus mengadakan wawancara singkat atau membuat survey.

4. Memilih program yang sesuai

Program kesehatan karyawan umumnya terbagi menjadi 4 jenis yaitu agenda yang mendukung kesehatan fisik, mental, nutrisi, dan financial wellness. 

Keempat opsi ini membantu karyawan dari segala aspek. Perusahaan dapat memilih mana yang paling berguna bagi pegawai. 

Contoh kegiatan untuk mendorong physical wellness yaitu fitness, kelas yoga, dan membership gym, sedangkan aktivitas untuk menjaga kesehatan mental mencakup konsultasi dengan psikolog, seminar manajemen stress, atau membuat ruangan istirahat yang nyaman. 

Sementara, program peningkatan nutrisi di perusahaan bisa berupa makan siang sehat dan contoh financial wellness seperti pendanaan workshop, bootcamp, serta pinjaman biaya pendidikan. 

5. Mempersiapkan dana 

Pasca memahami kebutuhan karyawan, kini saatnya menetapkan anggaran untuk mengeksekusi rencana. Misalnya, perusahaan memutuskan berlangganan gym untuk setiap karyawan. 

Pilih lah pusat kebugaran yang menawarkan fasilitas memadai dengan biaya rendah. Memperhitungkan anggaran sejak awal, membantu bagian SDM memilih fasilitas dan partner untuk mewujudkan program employee wellness. 

6. Mengomunikasikan employee wellness program

Komunikasikan program pada karyawan, sehingga mereka dapat memahami dan tertarik berpartisipasi. Perusahaan mungkin harus mengadakan semi rapat tentang pentingnya program tersebut dilaksanakan. 

7. Permudah akses  

Memiliki program kesehatan yang terbaik akan sia-sia apabila karyawan kesulitan mengaksesnya. Oleh sebab itu, permudah pegawai Anda menggunakan fasilitas yang sudah ada. Misalnya, memudahkan proses registrasi membership atau mendaftar kelas daring. 

8. Mencantumkan informasi dalam buku pegangan karyawan

Mencantumkan tentang program kesehatan karyawan yang perusahaan tawarkan di dalam employee handbook merupakan cara agar makin banyak pegawai yang bisa berpartisipasi dalam program. Hal ini mencakup benefit, cara menggunakan, dan tunjangan yang tersedia. 

9. Meminta feedback 

Employee wellness merupakan agenda berkelanjutan yang harus dipelihara dan diperbarui, demi memastikan karyawan merasa sejahtera. Mintalah masukan dari tiap karyawan untuk mengukur keberhasilan program. Selama berjalan, program bisa saja tidak efektif dan hanya menambah beban keuangan perusahaan saja. 

Keuntungan memiliki program kesehatan karyawan

Wellness program adalah upaya untuk menjaga kualitas kerja karyawan sekaligus memelihara nilai perusahaan sehingga mampu menarik banyak talenta terbaik. 

Jadi, manfaat memiliki program kesehatan bukan hanya dirasakan oleh karyawan saja, melainkan kedua belah pihak, seperti:

1. Mencapai work life balance

Mencapai work life balance merupakan impian setiap karyawan. Perusahaan dapat membantu pegawainya mencapai impian tersebut, lewat program wellness sehingga mereka merasa didukung sepenuhnya. 

Memiliki work life balance mampu memberikan kebahagiaan karyawan yang turut berpengaruh pada semangat kerja. 

Karyawan yang memiliki work life balance, bisa memiliki kehidupan di luar pekerjaannya, seperti menghabiskan waktu dengan keluarga, berolahraga, hingga berwisata. Kehidupan yang seimbang ini dapat meminimalisir stress dan meningkatkan produktivitas.

2. Meningkatkan keterikatan karyawan

Program employee wellness mampu meningkatkan keterikatan karyawan dengan pekerjaannya, sehingga lebih bahagia saat bekerja yang mengarah pada hasil yang berkualitas. Budaya positif dan program yang dijalankan bisa mempengaruhi kondisi karyawan secara keseluruhan. 

3. Meminimalisir risiko kesehatan

Membangun kebiasaan baik diantara karyawan akan berdampak jangka panjang. Salah satunya mencegah resiko terkena masalah kesehatan.

Pemenuhan nutrisi lewat makanan sehat, aktivitas fisik dengan layanan gym, dan kegiatan manajemen stress bisa meningkatkan kualitas hidup tenaga kerja. 

Alhasil, perusahaan juga diuntungkan karena bisa menghemat pengeluaran untuk menanggung biaya perawatan  

4. Mendorong produktivitas

Tahukah Anda menjaga fisik tetap bugar dan prima membuat karyawan berenergi ketika menjalankan aktivitas. Kondisi mental yang sehat juga memudahkan mereka fokus menyelesaikan pekerjaan. 

Kebahagian mendorong produktivitas di kalangan pekerja. Coba bandingkan karyawan yang mengalami burnout dengan yang baik-baik saja. Tentu, keduanya menunjukkan perbedaan signifikan dari segi performa maupun ketika bersosialisasi. 

5. Menambah nilai perusahaan

Memiliki serangkaian kegiatan dan fasilitas untuk mendukung kesejahteraan karyawan menjadi nilai tambah perusahaan di mata karyawan maupun talenta luar. 

Perusahaan yang memprioritaskan employee wellbeing di tempat kerja cenderung mudah mendapatkan tenaga kerja yang kompeten. 

6. Menumbuhkan kepuasan kerja

Employee well being adalah kesejahteraan karyawan yang mencakup fisik dan psikis. Perusahaan yang mendukung employee wellness dan wellbeing turut menumbuhkan kepuasan kerja antara karyawan. 

Ini karena lingkungan dan kebiasaan positif yang dibagun, juga mempengaruhi suasana kerja, sehingga karyawan jadi lebih termotivasi dan puas dengan hasil pekerjaannya. 

7. Meningkatkan retensi karyawan 

Efek jangka panjang dari meningkatnya kepuasan kerja adalah meningkatnya retensi karyawan. Pegawai yang mendapatkan dukungan dan merasa diperhatikan jarang melakukan pengunduran diri. Alhasil, perusahaan tidak perlu mencari pengganti dan bisa menghemat biaya pengeluaran. 

8. Mendukung gerakan sehat

Memberikan sumber daya untuk mendukung karyawan merawat diri sendiri bisa membangun gaya hidup sehat berkelanjutan. Program kesehatan seperti olahraga di akhir pekan dan makanan sehat mencegah risiko terkena penyakit kronis. 

Menjaga kondisi tubuh karyawan tetap prima merupakan investasi jangka panjang. Karyawan jadi jarang absen dan mengalami gangguan dalam bekerja. 

Contoh employee wellness 

Setiap perusahaan memiliki agenda employee wellness yang telah disesuaikan dengan kebutuhan karyawan dan biaya perusahaan. Di bawah ini deretan contoh yang dapat Anda aplikasikan di lingkungan kantor. 

1. Memberikan snack gratis

Cemilan dan sarapan sehat termasuk program employee wellness yang bisa memberikan karyawan energi dan memperbaiki suasana hati. 

Contohnya, granola, kacang mete, almond, sereal, buah-buahan, dan biskuit sayuran. Umumnya, makanan ringan tersedia di area pantry dan setiap karyawan memiliki porsinya masing-masing. 

Menyediakan cemilan dan sarapan di kantor, memudahkan karyawan yang ingin sarapan tanpa harus membeli keluar dan khawatir dengan kehigienisan makanan.

2. Menyediakan makan siang sehat

Ciri pekerja kantoran adalah membeli makan siang yang instan, selain menghemat waktu pengeluaran juga ikut berkurang. Dengan berlangganan catering sehat, perusahaan telah berkontribusi mengajak karyawan memperhatikan asupan gizi. 

Menu makan siang bisa divariasikan dengan anjuran ahli gizi untuk memastikan asupan karyawan terpenuhi mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, dan kalorinya. 

Perusahaan besar dapat memperhitungkan memiliki kafetaria, sehingga karyawan bisa saling bercengkrama ketika jam istirahat. 

3. Menyelenggarakan seminar kesehatan 

Seminar kesehatan berkala adalah upaya untuk membangun kesadaran karyawan akan pentingnya menjaga kesehatan fisik maupun mental. 

Seminar bersama dokter merupakan salah satu wellness program Pertamina yang bertujuan untuk memberikan pemahaman dan dorongan agar karyawan mulai hidup sehat. Contohnya berolahraga rutin, memperhatikan asupan makanan, dan mencukupi kebutuhan air di tubuh.

Selain seminar, perusahaan bisa menyarankan karyawan mengunjungi pusat kesehatan untuk memeriksa kondisi tubuh. 

4. Menawarkan bekerja remote

Menawarkan kerja dari rumah atau remote work termasuk bentuk perhatian perusahaan pada karyawan. Lokasi rumah yang jauh dan moda transportasi yang penuh, menjadi penyebab burnout dan stress pekerja. 

Oleh sebab itu, menerapkan kerja jarak jauh merupakan solusi agar kesehatan tubuh dan mental pekerja tetap terjaga dan kualitas pekerjaan tidak menurun. 

Di sisi lain, bagi karyawan yang telah berkeluarga bekerja dari rumah memberikan keuntungan karena waktu untuk keluarga jadi lebih banyak. 

5. Mengadakan tantangan kesehatan

Memotivasi karyawan untuk hidup sehat caranya dengan mengadakan tantangan alias challenge. Contohnya tantangan menurunkan berat badan, menghindari gula, atau puasa merokok. 

Berikan insentif agar makin banyak karyawan yang berpartisipasi dalam program. Insentif bisa berupa poin yang bisa dikumpulkan dan ditukarkan dengan peralatan makan sehingga karyawan termotivasi membawa bekal dari rumah atau tumbler. 

tantangan kesehatan juga dapat dilakukan dalam bentuk permainan. Seperti apa caranya? Simak artikel gamifikasi berikut ini

6. Menciptakan lingkungan kerja ergonomi

Ergonomis adalah prosedur merancang dan mengatur tempat kerja agar sesuai dengan penggunaannya, aman, dan nyaman ketika digunakan. 

Perusahaan yang mendesain kantor dengan ergonomis tidak hanya menurunkan risiko cedera di tempat kerja, tetapi juga memberikan suasana yang nyaman. Misalnya, menyediakan kursi ergonomis dan meja yang bisa diubah ketinggian dan bentuknya.

7. Membangun suasana kerja yang menyenangkan

Menciptakan suasana kerja yang kolaboratif dan menyenangkan masuk dalam program employee wellness yang banyak startup aplikasikan. 

Model kantor seperti ini, mengizinkan karyawan melepas penat saat bekerja dengan bermain seperti pingpong, mini billiard, dan permainan online.

Di samping menurunkan stress dan burnout, perusahaan juga memberikan kesempatan karyawan saling mengenal. 

8. Mengembangkan program berhenti merokok

Karyawan yang perokok bisa Anda ajak untuk mengikuti program berhenti merokok, melalui seminar, penyediaan fasilitas, pemberian insentif, dan dukungan lainnya yang berguna untuk mengurangi kebiasaan merokok. 

9. Membangun ruang khusus untuk melepas penat

Bekerja seharian di depan komputer menyebabkan mata dan pikiran lelah. Oleh karena itu, perusahaan dapat menyediakan ruangan khusus untuk karyawan bersantai sejenak. 

Ruangan yang tenang membantu karyawan memulihkan tenaga, pikiran, dan tubuhnya untuk kembali beraktivitas. Lengkapi ruangan dengan buku, bean bag, karpet, pendingin sehingga lebih nyaman. 

10. Mengadakan kegiatan fitness

Kelas fitness biasanya diminati karyawan yang punya permasalahan berat badan berlebih. Apabila banyak pegawai obesitas akibat pola hidup dan makan tidak sehat, adakan program fitness atau keanggotaan gym. 

Anda dapat menyewa instruktur datang ke kantor untuk mengajar kelas. Di samping kesehatan, bonding antar karyawan ikut terjalin. 

11. Yoga dan meditasi

Meditasi adalah program untuk memanajemen stress dan membuat mental lebih jernih. Melalui program ini karyawan berpotensi terhindar dari tertekan dan kelelahan. Yoga dan meditasi bisa dilakukan di kantor atau menyewa tempat khusus. 

Program employee wellness/kesehatan karyawan merupakan investasi jangka panjang. Perusahaan perlu meninjau keberhasilan dan melakukan evaluasi berkala. Barangkali Anda juga berminat membaca 10 cara untuk mengapresiasi karyawan dengan kreatif sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan mental karyawan Anda

Kunjungi blog MyRobin agar dapat informasi menarik lainnya seputar tips pekerja, human resource terbaru.

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Terima beres! rekrut hingga penggajian

id_IDID