New Logo MyRobin
Search
Close this search box.

Staff Warehouse: Pengertian, Tugas, Kualifikasi, hingga Gajinya

Staff Warehouse, Definisi dan Tugasnya

Staff Warehouse atau staf gudang menjadi bagian penting pada sebuah perusahaan terutama yang bergerak di bidang warehouse dan logistik. Hal ini merupakan salah satu faktor dan komponen dalam perusahaan yang membuka peluang pengembangan. Dimana staff warehouse juga berperan besar terutama dalam pendistribusian barang perusahaan. Untuk memahami lebih detail seperti apa pengertian staff warehouse ini serta apa saja tugas yang dilaksanakannya. Baca juga artikel tentang Jenis Pekerjaan Warehouse, Persyaratan beserta Tugasnya.

Pengertian Staff Warehouse

Pengertian Staff Warehouse
Pengertian Staff Warehouse

Staff Warehouse adalah seorang profesional yang bertanggung jawab dalam kelancaran proses operasional gudang. Semua tugas seperti menerima barang hingga menyiapkannya untuk kemudian dikirim oleh kurir atau driver untuk dikirim ke pelanggan.

Keberadaan komponen yang saling berkesinambungan dalam proses penciptaan suatu produk. Tak lepas dari pengaruh berbagai macam komponen yang ada saat ini di bagian perusahaan. Salah satunya adalah staff bagian warehouse yaitu bagian yang mengurusi kelancaran distribusi dan penataan barang yang ada di gudang perusahaan.

Biasanya seorang staf gudang ini harus memiliki fisik yang kuat juga sehat dalam bekerja. Berkaitan dengan pengangkutan barang, memindahkan barang, serta hal detail lainnya yang nantinya akan berlaku untuk kelancaran alur produk. Dalam gudang pun barang atau produk harus tertata sesuai dengan ketentuan yang ada saat itu juga.

Profesi staff warehouse adalah salah satu pekerjaan yang banyak diminati dan juga banyak dibutuhkan seiring makin berkembangnya industri warehouse dan logistik di indonesia.

Untuk lebih memaksimalkan kinerja maka staff warehouse ini akan menggunakan alat bantu juga berkoordinasi dengan bagian distribusi. Dalam tugasnya, staff Warehouse ini juga harus memastikan ketersediaan stok barang, mulai dari pengecekan, pendataan hingga jumlah yang ada. Maka bagian ini juga sama pentingnya dalam pengambilan peran di komponen perusahaan.

Dengan adanya staf warehouse ini maka pendistribusian barang semakin terkontrol dan sangat baik. Jadi perusahaan juga akan dilancarkan dengan keberadaan staff tersebut bahkan memudahkan bagian distributor barang. Lalu seperti apa spesifikasi tugas dari staff warehouse ini untuk perusahaan?

Tugas dari Staff Warehouse

Tugas dari Staff Warehouse
Tugas dari Staff Warehouse

Setelah memahami seperti apa itu staff warehouse, berikutnya memahami apa saja tugas dari warehouse staff. Berikut ini merupakan tugas warehouse staff dan peranan mereka dalam perusahaan.

1. Melakukan Koordinasi

Saat menjadi warehouse staff maka hal pertama dan utama yang harus dilakukan yaitu melakukan koordinasi terkait barang. Dimana hal ini akan berhubungan dengan kondisi barang yang keluar masuk perusahaan. Kemudian akan dilanjutkan dengan melihat kesesuaian antara koordinasi yang dilakukan oleh bagian distributor ke warehouse staff.

Barang yang keluar masuk gudang tersebut menjadi tanggung jawab warehouse staff berdasarkan prosedur. Maka seorang staf bagian pergudangan harus mampu membaca situasi serta memahami apa yang telah di koordinasikan.

2. Mendata Barang untuk Laporan

Keberadaan barang yang merupakan produk perusahaan ini harus sesuai baik jumlah masuk atau keluar. Bagaimana kondisinya dan sebagainya. Inilah fungsi  staff warehouse untuk bisa melakukan pendataan barang secara terperinci. Kemudian harus memasukkan ke dalam format laporan yang ada dan diberikan pada perusahaan.

Dalam tata laksana yang dilakukan staff ini harus berdasarkan kondisi real yang ada di lapangan. Dimana kondisi tersebut menuntut warehouse staff ini bekerja secara maksimal untuk mendata barang. Mulai dari jumlah hingga keadaan barang tersebut di lapangan.

3. Merapikan dan Menata Barang

Selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam tugas warehouse maka akan berhubungan dengan perapihan barang. Juga memastikan barang semakin teratur sesuai dengan kondisinya, serta memahami seperti apa bagian barang yang sudah tertata. Selanjutnya barang akan ditata sesuaikan dengan kategori yang ada.

Hal ini dilakukan agar memastikan bahwa kedepannya nanti saat pendistribusian akan semakin lancar. Saat barang harus dipindahkan kembali sesuai jenisnya maka akan memudahkan bagian pendistribusian. Itulah kenapa tugas warehouse staff ini sangat penting dalam penataan gudang untuk kategori barang yang ada.

4. Memastikan Barang Yang Akan Dikirim

Jika sudah memahami alur koordinasi serta keberadaan barang di gudang berdasarkan kategori yang sesuai. Maka selanjutnya warehouse ini memastikan barang yang akan dikirim sudah sesuai dengan permintaan distributor. Maka dalam hal ini staff warehouse  ini akan memberikan kemudahan untuk bisa memastikan barang mana yang akan keluar.

Kemudian juga bisa memantau barang mana yang telah masuk, kemudian di data sesuai dengan kondisi dan keberadaan barang. Sehingga barang dalam perputaran roda distribusi ini akan lancar dan bisa menunjang perkembangan bisnis perusahaan.

5. Memindahkan Barang Sesuai Bagiannya

Staff warehouse ini juga memastikan bagaimana perpindahan barang dari distributor ke gudang atau sebaliknya sudah sesuai. Yang kemudian akan diteruskan untuk menata, mendata serta memindahkan barang sesuai dengan bagian yang ada. Jadi tugas warehouse juga sangat berat dalam pergudangan di perusahaan.

Maka memiliki fisik dan mental yang sehat sangat perlu disini, dimana kesehatan fisik lebih diutamakan karena mengangkat barang. Bagaimana barang bisa berpindah dari satu bagian ke bagian lainnya. Meskipun dilengkapi oleh peralatan perlindungan agar aman, tetap saja staff bagian warehouse ini harus bisa memastikan barang dalam kondisi baik.

6. Memastikan Logistik Berjalan Lancar

Kemudian staff warehouse ini harus memastikan logistik berjalan lancar, hal ini dimaksudkan dengan kondisi barang yang ada saat ini. Logistik ini menyangkut barang yang masuk dan harus disesuaikan dengan keadaan. Kemudian barang yang harus keluar agar bisa sesuai dengan data laporan distributor.

Jadi jika terjadi kesendatan pada logistik ini maka staff dari warehouse yang akhirnya akan menanggungnya. Juga bertanggung jawab atas insiden yang terjadi ketika logistik barang berjalan tidak sesuai prosedur. Maka sebagai warehouse staff harus memahami prosedur dan memastikan kelancaran kondisi barang yang akan didistribusikan.

7. Mematuhi Persyaratan

Selanjutnya keberadaan staff warehouse  ini juga harus mematuhi persyaratan yang ada dimana sudah ditentukan oleh perusahaan. Tentunya semua persyaratan ini berkaitan dengan keberadaan barang dan kelancaran distrbusi perusahaan. Sehingga harus dipastikan bahwa yang memegang kendali menjadi warehouse staff adalah orang yang memiliki ketelitian.

Selain fisik yang sehat dan kuat, juga mampu melakukan koordinasi dengan baik serta bertindak cepat. Tentunya dalam pendistribusian barang ini berhubungan dengan waktu yang ada agar efektif serta efisien. Maka sebagai warehouse staff harus memastikan banyak hal tersebut sesuai dengan persyaratannya.

8. Pemeliharaan Secara Preventif

Untuk tugas selanjutnya yaitu pada bagian warehouse ini harus melakukan pemeliharaan secara preventif. Pemeliharaan ini berkaitan dengan barang dan pendistribusian lainnya dimana para warehouse staff ini memastikan barang yang didistribusikan ini sesuai dengan prosedur dan kelayakan barang.

Sehingga menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka warehouse staff ini akan memastikan barang tersortir. Juga kondisi barang harus baik serta tidak ada cacat, sehingga ke depan akan berjalan lancar terutama dalam pengiriman serta penerimaan barang. Dengan melakukan pemeliharaan preventif juga diharapkan bisa berjalan lebih baik lagi dalam pendistribusian barang. Baca juga tentang apa itu cleaning service dan apa saja tugasnya.

Kualifikasi staff warehouse 

Setiap perusahaan memiliki kualifikasi sendiri dalam mencari staff warehouse. Namun, di bawah ini adalah kualifikasi umum yang biasa tercantum dalam lowongan pekerjaan. 

1. Pendidikan minimal SMA/K

Pendidikan minimal untuk staff warehouse di mulai dari SMA, SMK, dan Diploma. Posisi lebih tinggi mungkin menetapkan latar pendidikan yang lebih tinggi pula seperti sarjana. Beberapa perusahaan menerima pelamar yang mengambil paket C. 

2. Sehat jasmani dan stamina tubuh bagus

Pekerjaan di gudang lebih banyak melibatkan otot, jadi pastikan Anda sehat jasmani dan rohani serta punya stamina yang bagus. Sebelum diterima, pelamar sering diminta melampirkan surat keterangan sehat dari klinik dan rumah sakit. 

3. Memahami dasar-dasar gudang

Pelamar dengan pengalaman 1 tahun cenderung dipertimbangkan perekrut. Namun, bagi lulusan baru, setidaknya pahami dasar-dasar gudang agar peluang diterima makin besar. 

4. Memiliki skill warehouse 

Berikutnya menguasai keahlian gudang yang sudah dijelaskan di atas. Kuasai skill paling penting demi menunjang pekerjaan Anda nantinya. Apabila Anda memiliki sertifikasi di bidang tertentu ini bisa menjadi nilai tambah dalam proses perekrutan. 

5. Berkelakukan baik 

Kualifikasi terakhir adalah berkelakukan baik. Setiap staff gudang yang diminta melampirkan surat keterangan catatan kepolisian yang menunjukkan tidak pernah terlibat tindak kriminal, menggunakan barang terlarang, pelecehan, dan sebagainya. 

Skill yang harus dimiliki staff gudang

Warehouse skill adalah keahlian yang sepatutnya Anda kuasai, apabila bekerja di gudang. Umumnya, keahlian ini berupa mengoperasikan forklift, berkaitan dengan produksi gudang, dan mengelola organisasi. 

Berikut deretan contoh skill yang wajib dimiliki staff gudang, agar memudahkan Anda diterima kerja saat melamar di posisi ini. 

1. Berkomunikasi dengan efektif

Komunikasi merupakan keahlian yang sering dicantumkan sebagai kualifikasi dalam lowongan pekerjaan. Hal ini membuktikan  bahwa keahlian tersebut sangat lah penting terutama di bagian gudang. 

Pekerja warehouse tidak bekerja seorang diri, melainkan dengan tim sehingga komunikasi efektif akan membantu memudahkan pekerjaan supaya berjalan lancar. Serta meminimalisir adanya miskomunikasi ketika berkomunikasi dengan pihak luar seperti supplier, klein, maupun konsumen. 

Perekrut ingin mempekerjakan karyawan yang memiliki skill komunikasi lisan dan tertulis yang sopan, akurat, dan mudah dipahami. 

2. Computer savvy

Di dalam gudang biasanya terdapat banyak teknologi dan komputer yang bisa memudahkan kegiatan produksi 

Bekerja di bagian gudang tidak terlepas dari penggunaan teknologi dan komputer. Dengan memiliki skill ini pekerjaan Anda bisa jauh lebih mudah dan efektif. Cobalah kuasai dasar pengoperasian komputer, software yang umum digunakan seperti Word dan Spreadsheet agar dipertimbangkan oleh HRD. 

Teknologi yang digunakan membantu Anda mengontrol pergerakan dan kegiatan gudang, termasuk sistem barcode, safety software, database, supplies procurement, dan automated equipment

Walaupun sudah ahli dalam menggunakan teknologi tertentu, Anda wajib up to date dengan perkembangan teknologi baru, demi memastikan pekerjaan di gudang berjalan tanpa hambatan. 

3. Kemampuan problem solving

Problem solving merupakan keahlian untuk mengatasi masalah yang muncul. Ketika bekerja kendala bisa datang kapan saja dan sebagai karyawan Anda harus bisa melakukan upaya untuk menyelesaikannya. 

Walaupun ada supervisor, kemampuan problem solving ini tetap membantu jika Anda terlibat masalah yang harus segera ditangani. Sekaligus menjadi nilai tambah di mata perekrut. 

4. Learning skill

Pekerjaan di gudang lebih banyak menggunakan mesin, sehingga selain mahir mengoperasikannya, Anda juga harus up to date dengan perkembangan teknologi dan ingin mempelajarinya. 

Pasalnya, perusahaan bisa saja menggantikan mesin lama dengan versi terbaru yang dilengkapi fitur canggih. Kemampuan belajar membantu Anda beradaptasi dengan mesin dan keahlian baru.  

5. Flexibility

Selama bekerja Anda mungkin diminta untuk mengerjakan pekerjaan yang bukan tanggung jawab Anda. Pekerjaan di gudang seringkali menuntut karyawannya berpindah peran. Apabila Anda bukan tipikal fleksibel perubahan ini bisa memicu stress dan menurunkan produktivitas. 

Oleh sebab itu, fleksibilitas harus Anda latih sehingga dapat bertahan di lingkungan pekerjaan yang cepat, beradaptasi dengan tugas baru, dan mengesankan atasan. 

6. Teamwork

Selanjutnya tidak kalah penting adalah kerja sama. Kemampuan kerja sama yang baik meminimalisir kesalahan fatal karena miskomunikasi. Keahlian ini wajib Anda kembangkan agar menambah nilai di mata perekrut hingga akhirnya diterima kerja. 

Meskipun, Anda bekerja di divisi berbeda, tidak menutup kemungkinan Anda berkolaborasi dengan tim dari divisi lain. 

7. Ketelitian dan ketepatan

Ketelitian adalah hal yang wajib dijunjung karyawan gudang. Hal ini karena kesalahan kecil bisa berdampak besar bagi operasional bahkan memicu kerugian. 

Misalkan, tidak mengikuti SOP penggunaan forklift akibatnya terjadi kecelakaan yang menghambat kegiatan dan menyebabkan hilangnya nyawa. Skill ketelitian mencegah adanya kesalahan dan meminimalisir biaya perbaikan yang besar. 

8. Sigap

Bekerja di lingkungan yang serba cepat memerlukan kecepatan. Staff gudang yang sigap lebih produktif bekerja sehingga pekerjaan cepat selesai sebelum deadline. Di samping menyelesaikan tugas, Anda juga berpeluang mendapatkan bonus karena performa kerja yang baik. 

9. Disiplin tinggi

Karyawan yang punya disiplin tinggi kerap kali jadi incaran perekrut. Hal ini karena karyawan dengan skill ini dapat bekerja sendiri dengan pengawasan minimal. Orang yang disiplin tidak mudah teralihkan, mampu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, dan selalu tampil maksimal dalam bekerja. 

10. Manajemen waktu

Gudang termasuk lingkungan kerja yang serba cepat. Oleh karena itu, staff warehouse perlu menguasai skill manajemen waktu agar pekerjaan selesai sesuai deadline

Di samping itu, manajemen waktu membantu Anda membuat skala prioritas, menyusun pekerjaan dari yang paling mendesak hingga tidak begitu mendesak.

11. Kemampuan mengambil keputusan

Terakhir adalah kemampuan mengambil keputusan. Meskipun Anda seorang staff seringkali Anda juga dilibatkan dalam proses pengambilan keputusan. Jadi, tak ada salahnya Anda mengembangkan skill decision making

Berapa Gaji Staff Warehouse?

Besaran gaji staff warehouse tentunya berbeda-beda berdasarkan perusahaan, lokasi, serta tipe pekerjaannya. Rata-rata gaji staff warehouse di indonesia adalah 3.6 juta per bulan. Di daerah dengan UMR tinggi seperti karang gaji staff gudang bisa mencapai 4.9 juta per bulan.

Jika anda belum memiliki pengalaman bekerja sebagai staf gudang anda bisa mencoba untuk melamar sebagai staf gudang harian atau paruh waktu. Biasanya perusahaan logistik akan merekrut banyak pekerja untuk memenuhi kebutuhan saat musim flash sale di marketplace.

Jika anda tertarik untuk bekerja sebagai staf gudang anda bisa melamar di App Myrobin situs penyedia lowongan kerja serta komunitas pekerja di seluruh Indonesia.

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan tugas staff warehouse yang bisa dipahami. Dimana tugas tersebut wajib dijalankan berdasarkan ketentuan dan kondisi yang berlaku di perusahaan. Jadi untuk menciptakan keberadaan yang lancar dan baik, maka selanjutnya perlu adanya kontrol serta evaluasi. Sehingga staff ini akan bekerja dengan baik dan lancar untuk bisa menunjang komponen perusahaan dalam berbisnis.

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

2 Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terima beres! rekrut hingga penggajian

id_IDID