Walk In Interview adalah Kesempatan Bagus Bagi Fresh Graduate, Ini Tips Wawancaranya 

Walk In Interview

Walk in interview adalah proses pencarian kandidat yang dilakukan secara terbuka. Artinya, tanpa mengirim lamaran pun, seorang jobseeker bisa ikut sesi wawancara ini agar diterima di perusahaan tersebut. 

Mengikuti walk in interview merupakan kesempatan bagus yang harus dimanfaat. Apalagi bagi lulusan baru karena bisa bertemu langsung dengan HRD atau manajer perusahaan. 

Wawancara terbuka biasanya diadakan saat perusahaan sedang membutuhkan karyawan di banyak posisi, sehingga menerapkan skema walk in interview dalam proses menyaring kandidat yang sesuai. 

Lantas apa bedanya dengan wawancara biasa dan apa saja yang harus dipersiapkan? Simak di sini untuk tahu tips lolos walk in interview Jakarta 2022.

Apa itu walk in interview 

Walk in interview adalah sesi wawancara yang dilakukan untuk menjaring banyak pelamar sekaligus, agar bisa jadi kandidat untuk mengisi posisi kosong di perusahaan. 

Skema wawancara ini, umum dilakukan oleh perusahaan besar atau event tertentu seperti job fair perhelatan Pekan Raya Jakarta 2022 kemarin. 

Sebelum acara dilaksanakan, penyelenggara membuka walk in interview untuk mendapatkan kandidat sesuai yang akan ditugaskan di perayaan tersebut. 

Pencari kerja yang datang tidak hanya lima orang, tetapi bisa puluhan bahkan ribuan. Jadi, tiap jobseeker harus bisa bersaing dengan pelamar lainnya. 

Skema ini karena dinilai menghemat waktu perekrutan. Selain itu, bagi pelamar tidak harus menunggu sampai berminggu-minggu untuk tahu kelanjutan proses lamaran.

Ini karena perusahaan akan mengumumkan kandidat yang lolos atau tidak, di hari yang sama wawancara dilaksanakan. 

Teknis walk in interview

Dilansir dari The Balance Career, pengertian walk in interview adalah proses wawancara langsung di mana perusahaan menerima lamaran kerja selama rentang waktu tertentu, dari banyak pelamar sekaligus tanpa perlu melewati proses skrining berkas yang panjang. 

Perekrut tidak perlu membuat jadwal resmi dengan pelamar kerja untuk sekadar interview. Menariknya lagi, ini bisa diikuti oleh siapapun. Anda bisa datang ke lokasi yang ditentukan dan ikut wawancara. 

Teknis walk in interview dengan wawancara biasa tidak jauh berbeda. Pelamar hanya perlu membawa berkas dan menjawab pertanyaan yang diajukan perekrut. 

Namun, proses walk in interview lebih singkat baik saat ditanya-tanya HRD maupun pengumuman hasil wawancara. 

Lokasi penyelenggaraan pun, biasanya jarang di kantor melainkan di tempat umum seperti hotel, ballroom, aula, atau area luas lainnya. Mengingat akan banyak pelamar datang, sehingga bisa menampung semua orang. 

Program walk in interview dilaksanakan tergantung kondisi perusahaan. Jika sedang butuh banyak kandidat, maka wawancara langsung akan dilakukan begitupun sebaliknya. 

Perbedaan walk in interview dengan interview umum?

Perbedaan walk in interview dengan interview umum, paling terlihat dari durasinya dan jumlah pelamar yang bisa dijangkau. 

Wawancara langsung hanya digelar sehari atau beberapa hari ke depan. Selama rentang waktu tersebut, ada lebih dari 20 pelamar yang diwawancara bahkan lebih. 

Sementara pada wawancara biasa, perekrut hanya memanggil kandidat yang memang lolos tahap pemberkasan dan tidak lebih dari 10 orang. 

Di samping itu, wawancara biasa lebih sering dilakukan perusahaan untuk merekrut karyawan baru. Sementara walk in interview hanya diterapkan pada beberapa industri saja. 

Seperti walk in interview PT Mayora yang diadakan di beberapa kota untuk memenuhi kebutuhan karyawan produksi di pabrik. 

Wawancara biasa dinilai lebih formal dan intim karena hanya kandidat tertentu saja yang akan ditanya HRD maupun user. Berbeda dengan interview langsung. Baca juga artikel tentang Tips Persiapan Interview untuk Pemberi Kerja.

Dari segi pesaing pun, wawancara biasa lebih sedikit. Namun, sejak pandemi ada pula istilah perekrutan baru yaitu interview langsung online. 

Lalu, apa itu walk interview daring? online walk in interview adalah proses wawancara langsung yang diselenggarakan via daring. 

Pelamar kerja bisa masuk melalui tautan atau undangan daring, ke pertemuan virtual menggunakan device penunjang. 

Persiapan sebelum ikut walk in interview Jakarta 2022

Wawancara langsung memberikan banyak keuntungan bagi perekrut dan perusahaan. 

Namun, bagi jobseeker ini berarti makin banyak pesaing yang harus Anda hadapi untuk bisa mendapatkan pekerjaan impian. 

Nah, supaya punya bekal saat diwawancara berikut MyRobin rangkum persiapan yang wajib Anda lakukan sebelum bertemu HRD. 

1. Riset perusahaan

Persiapan pertama adalah pengetahuan tentang perusahaan yang ingin dilamar. Ini akan membantu menemukan posisi yang Anda minati.

Selain itu, Anda harus tahu perusahaan yang kredibel dan mana yang berpotensi penipuan. Pasalnya, acara seperti job fair akan diisi booth dari banyak perusahaan. 

Walaupun, pelamar bisa bebas memilih salah satu, tetapi tak sedikit yang tertipu. Kalau tidak melakukan riset, Anda juga akan kesulitan menjawab pertanyaan dari perekrut. 

Cobalah kenali seluk-beluk perusahaan seperti industri apa yang dijalankan, apa saja produk yang dihasilkan, maupun visi serta misi organisasi. 

2. Perbarui CV Anda

Proses mencari kerja memang tidak mudah dan cepat. Lamaran pertama bisa terjawab 2-4 minggu setelahnya. Namun jangan pantang menyerah, manfaatkan saja walk in interview. 

Persiapan yang harus dilakukan adalah perbarui curriculum vitae, agar perekrut tahu aktivitas dan pengalaman kerja yang sudah Anda miliki jika ada. 

Dilansir dari Indeed, cobalah tulis pengalaman kuliah atau kerja yang relevan dengan posisi yang dilamar. Masukkan pula kata kunci yang membuat CV Anda di-notice HRD. 

3. Membawa berkas lamaran kerja

Pelamar yang datang wajib membawa berkas lamaran kerja meliputi cover letter, CV, portofolio (jika diminta), ijazah, transkip nilai, dan salinan KTP. 

Perekrut belum tahu siapa Anda karena tidak menerima surat lamaran atau CV apapun sebelumnya. Oleh karena itu, pelamar harus menyiapkan dokumen lamaran kerja. Simak artikel tentnag 3 Contoh CV Lamaran Kerja yang Baik dan Benar serta Profesional.

Selama sesi wawancara, HRD akan melihat CV dan menilai apakah Anda sesuai untuk posisi ini atau tidak. Pastikan berkas disimpan di satu map bersih dan tak terlipat. 

4. Pahami pertanyaan yang akan diajukan

Berikutnya adalah pahami pertanyaan yang mungkin diajukan perekrut. Ini kembali ke basic wawancara. 

Semakin Anda paham maksud pertanyaan HRD, maka Anda bisa lebih percaya diri menjawabnya. Cobalah tulis jawaban dari pertanyaan yang umum diajukan. 

5. Latihan wawancara

Setelah membuat list pertanyaan dan menjawabnya, kini saatnya latihan wawancara. 

Banyak dari pelamar yang sudah mempersiapkan kata-kata dengan baik, tapi malah gugup saat diwawancara. Faktor utamanya adalah kurang latihan interview. 

Anda bisa meminta rekan atau saudara berperan sebagai perekrut yang menanyakan pertanyaan. 

Cobalah bayangkan kalau Anda sedang di lokasi wawancara sesungguhnya. Jawab pertanyaan dengan percaya diri dan perhatikan gestur tubuh. 

6. Siapkan pakaian terbaik

Walk in interview BCA atau di perbankan, biasanya sangat memperhatikan penampilan. Oleh sebab itu, siapkan pakaian terbaik untuk memberikan kesan positif pada HRD. 

Saat walk in interview Anda bisa pakai baju formal seperti kemeja dan celana bahan atau setelan warna tenang. Hindari menggunakan jeans dan pakaian ketat ya! 

7. Up to date dengan jadwal walk in interview

Wawancara langsung diadakan selama satu atau beberapa hari ke depan. Pasca tahu informasinya, Anda harus up to date dengan informasi tentang walk in interview.

Sebab, walk in interview hari ini bisa saja berpindah tempat atau jamnya berubah esok hari. Jangan sampai persiapan Anda sia-sia karena ketinggalan info. 

8. Survei lokasi

Terakhir adalah survei lokasi supaya nggak telat mengikuti wawancara. Pesaing Anda sangat banyak jadi jangan sampai tampil paling akhir. Selain itu, dengan datang tepat waktu Anda bisa memberikan kesan positif bagi perekrut. 

Tips walk in interview

Persiapan itu penting supaya Anda punya bekal dan proses wawancara berjalan lancar. Namun, adakah cara atau tips jitu agar lulus interview langsung? Yuk, simak pembahasan di bawah ini.  

1. Pastikan berkas yang ingin dibawa

Berkas yang harus dibawa saat walk in interview berupa CV, identitas, transkrip nilai, ijazah, dan portofolio jika ada. Sebelum pergi, pastikan berkas sudah sesuai dan dijadikan dalam satu map, agar tetap rapi saat dibuka HRD. 

2. Jangan kesehatan

Berlatih wawancara untuk bisa tampil dengan baik itu bagus, tetapi jangan lupakan kesehatan. Jangan sampai karena berlatih Anda jadi begadang dan tidak makan teratur. 

Banyak lho, dari pelamar kerja yang sudah melakukan persiapan maksimal, tetapi nggak bisa hadir di lokasi wawancara. Atau justru melantur saat ditanya. 

Tidur cukup bisa meningkatkan fokus dan membuat Anda lebih bersemangat menghadiri wawancara. Jadi, tetap tidur teratur dan makan sehat. 

3. Tunjukkan antusiasme saat wawancara

Tahukah Anda, kalau perekrut lebih suka dengan pelamar yang memang memiliki ketertarikan pada perusahaan mereka? 

Tunjukkan bahwa Anda memang menginginkan pekerjaan ini dengan menjawab pertanyaan dengan antusias. 

4. Ucapkan terima kasih setelah wawancara

Pada sesi terakhir jangan langsung pergi begitu saja. Ucapkan terima kasih pada perekrut karena telah diberi kesempatan ikut interview. Selain menunjukkan etika, perekrut juga bisa ingat wajah Anda. Lihat informasi terkait Contoh Email Ucapan Terima Kasih setelah Interview Kerja.

Pertanyaan walk in interview dan jawabannya

Dalam dunia kerja interview adalah sesi tanya jawab yang digunakan HRD untuk mengenal dan menilai seberapa cocok kandidat mengisi suatu posisi di perusahaan. 

Kandidat yang diundang wawancara akan diberikan sejumlah pertanyaan untuk membantu HR, menggali tentang kepribadian atau prestasi Anda. Berikut contoh-contohnya. 

1. Coba ceritakan tentang diri Anda

Melalui pertanyaan ini HRD ingin mengenal lebih jauh siapa Anda. Coba ceritakan latar pendidikan, keterampilan yang dimiliki, dan pengalaman magang atau kerja jika ada. 

Sebagai contoh “Perkenalkan saya Aditya Wirawan Hadi, lulusan Universitas Dua Satu Jakarta bidang studi akuntansi. Saya pernah bekerja sebagai akuntan dengan bertanggung jawab membuat catatan keuangan dan mengatur pajak sesuai dengan SOP perusahaan.” 

2. Jelaskan tentang kelebihan Anda? 

Buat perekrut mempertimbangkan Anda sebagai kandidat untuk cocok mengisi posisi yang kosong yaitu dengan menjelaskan kelebihan Anda secara detail. 

Nilai atau skill apa yang Anda kuasai dan relevan dengan job, sehingga bisa menunjang pekerjaan nantinya. 

Misalkan “Saya mampu mengoperasikan mesin point of sale dengan baik dan memahami penggunaan mesin EDC untuk menunjang transaksi digital di restoran, sehingga pembayaran jadi lebih cepat dan efisien.”  

3. Apa saja kelemahan Anda?

Berbeda dengan pertanyaan di atas, untuk menjawab ini cukup sertakan 1-2 kelemahan saja tidak perlu terlalu banyak. 

Pasalnya, kandidat dengan banyak kelemahan bisa dinilai sebagai orang yang kurang kompeten dan dapat menghambat operasional bisnis. 

Sebutkan kelemahan yang tidak berhubungan dengan pekerjaan. Tambahkan pula, solusi yang sudah Anda lakukan untuk mengatasi kelemahan tersebut. 

Misalkan Anda ikut walk in interview PT Mayora sebagai operator, cobalah tidak mengungkapkan kelemahan berkaitan dengan pengoperasian mesin-mesin. 

4. Apa yang membuat Anda tertarik dengan perusahaan kami?

Perekrut ingin tahu motivasi Anda melamar di perusahaan mereka dibanding kompetitor. Pertanyaan sejenis juga bisa mengapa Anda melamar di posisi ini?

Jawablah dengan positif dan jujur. Misalnya Anda tertarik karena perusahaan memiliki reputasi baik atau mendukung pengembangan karier untuk tiap karyawannya. 

Atau bisa juga karena posisi ini merupakan passion Anda. Berikan pujian pada perusahaan agar perekrut memilih Anda sebagai kandidat yang cocok. 

5. Mengapa kami harus merekrut Anda untuk posisi ini? 

Terakhir adalah pertanyaan yang sering menjebak yaitu “Mengapa kami harus merekrut Anda untuk posisi ini?” 

Cara jawabnya cukup mudah, berikan alasan pada pelamar bahwa Anda memiliki sejumlah kualifikasi menjadi kandidat yang cocok untuk mengisi peran tersebut.  

Misalkan karena pengalaman menjabat di posisi yang sama dan terbukti memberikan hasil bagi perusahaan lama atau karena latar pendidikan Anda sejalan dengan posisi. 

Walk in interview adalah peluang bagus bagi Anda untuk mendapatkan kerja. Jadi, persiapkan diri sebaik mungkin karena kesempatan ini belum tentu ada setiap tahun. 

Selain lewat wawancara langsung atau terbuka, Anda juga bisa memanfaatkan app.myrobin.id untuk menemukan beragam lowongan kerja dari perusahaan terpercaya. 

Anda bisa mencocokan kualifikasi dengan jobdesk yang diminta perusahaan. Ada juga kisaran gaji yang ditawarkan. Daftar sekarang!

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terima beres! rekrut hingga penggajian