PENTING! Etika Melamar Kerja yang Perlu Diperhatikan

PENTING! Etika Melamar Kerja yang Perlu Diperhatikan

Perhatikan etika melamar kerja, apa saja? Banyak hal yang harus diperhatikan ketika melamar kerja, salah satunya menggunakan etika yang baik dan benar kala melamar kerja. Pasalnya jika hal tersebut tidak sesuai dengan kondisi, maka sudah menjadi nilai yang kurang baik di mata perusahaan. Maka perhatikan apa saja etikanya saat melakukan lamaran kerja tersebut.

PENTING! Etika Melamar Kerja yang Perlu Diperhatikan
PENTING! Etika Melamar Kerja yang Perlu Diperhatikan

1. Jujur Pada Data Diri

Pentingnya kejujuran harus dipegang teguh ketika melamar kerja. Pasalnya kejujuran merupakan hal penting yang akan berpengaruh pada kesuksesan seseorang apalagi dalam dunia kerja. Kenapa hal ini bisa terjadi? Karena jika melakukan kebohongan maka seiring berjalannya waktu akan semakin tidak menentu dan sangat merugikan.

Misalnya saja ketika tidak jujur dengan pengalaman kerja, skill dan sebagainya ketika melamar kerja. Maka di kemudian hari akan jadi bumerang bagi diri dan berpotensi membuka masalah baru.  Tentunya akan sangat rugi bagi yang telah melakukan tindakan tak jujur tersebut.

2. Memiliki Komitmen Kuat

Penting untuk dipahami bahwa etika melamar kerja yaitu mempunyai komitmen yang kuat pada diri dan perusahaan. Komitmen ini penting sebagai penunjang ketika terjun ke dunia kerja dan menjadi penetapan tujuan yang jelas. Seseorang yang tak memiliki komitmen di dunia kerja tentunya akan kesulitan dan mulai ragu dalam melangkah bahkan berhenti di tengah jalan.

Akibatnya ketika tidak punya komitmen maka akan sering bergonta ganti pekerjaan yang tidak jelas. Hal ini tentunya berdampak besar pada diri sendiri juga merugikan perusahaan. Oleh karena itu, komitmen menjadi pondasi yang kuat seseorang ketika terjun di dunia kerja.

3. Memahami Ketentuan Pengiriman Lamaran

Penting untuk diperhatikan ketika melamar kerja adalah adanya pengiriman lamaran kerja yang sesuai dengan ketentuan. Perhatikan apa saja syaratnya, apa yang dibutuhkan, bagaimana prosedurnya dan sebagainya. Dengan begitu akan memberikan jalan kemudahan ketika melamar dan dipastikan sesuai prosedur.

Pasalnya ketentuan pengiriman ini juga berpengaruh pada kondisi dimana perusahaan akan melihat tingkat ketelitian pelamarnya. Maka dari itu, saat akan melamar kerja, etikanya pahami dahulu ketentuan yang berlaku saat pengiriman lamaran. Misalnya saja apakah bisa dikirim secara online, atau jika dikirim dengan dokumen cetak maka pastikan dokumen cetak tersebut tidak rusak dan sebagainya.

4. Perhatikan Waktu Kirim Lamaran

Penting untuk memperhatikan waktu kirim adalah salah satu etika melamar kerja. Dengan kata lain, waktu ini tidak fleksibel dan harus ditentukan, biasanya waktu untuk melamar kerja adalah waktu saat jam kerja yang berlaku. Pada dasarnya rentang waktu inilah yang akan dibutuhkan HRD untuk menyaring email yang masuk jika penerimaan dilakukan secara daring.

Jika penerimaan dilakukan secara offline juga tentunya jam kantor berlaku. Dimana yang diterima adalah yang sesuai dengan jam kerja dan pada saat kantor buka. Jadi hal ini juga akan lebih efektif serta perusahaan menggunakan aturan jam kantor untuk operasionalnya.

5. Jika Menggunakan Email, Maka Harus Teliti

Ketika mengirimkan lamaran kerja, saat memakai email, maka harus dilaksanakan secara teliti. Prosedur ini penting dilakukan mengingat jika ada kesalahan maka akan berakibat fatal dan merugikan diri sendiri. Alamat email harus sesuai dengan yang telah dicantumkan, kemudian pada badan email juga harus sesuai serta diberi subject  yang jelas.

Etika dalam melamar kerja menggunakan email juga harus dilampiri dengan salam pembuka dan perkenalan yang baik. Pasalnya hal tersebut merupakan bagian penting untuk menghargai perusahaan juga merupakan etika yang harus dilakukan. Hal ini menjadi bagian penting sebagai upaya dalam menjalankan pelamaran dengan baik dan benar.

6. Buat Surat Lamaran Secara Formal

Penting ketika melamar kerja yaitu dengan membuat surat lamaran secara formal. Dengan memperhatikan etika melamar kerja ini maka sebagai upaya untuk bisa dilirik oleh HRD dan bisa mendapatkan jaminan diterima kerja. Maka surat lamaran secara formal juga sangat penting untuk dibuat serta terperinci.

Misalnya saja harus mencantumkan tanggal, tujuan, perhilan, salam pembuka, isi kemudian penutup. Bahasa yang harus digunakan merupakan bahasa formal yang penting untuk direalisasikan sebagai surat lamaran kerja. Dengan prosedur yang sudah berlaku ini tentunya surat lamaran kerja menjadi penting dan bisa disesuaikan dengan isi dari kepentingan pelamarnya.

7. Lengkapi Dokumen Yang Diminta

Pada saat akan melamar kerja tentu harus memperhatikan dokumen apa saja yang penting dan digunakan. Caranya dengan melengkapi dokumen yang diminta oleh pihak perusahaan, misalnya saja CV, portofolio, surat lamaran. Cover letter, fotocopy ijazah dan sebagainya ini juga harus jadi perhatian. Dengan begitu akan membuka jalan dan bisa mendapatkan peluang untuk bisa diterima dan mulai bekerja.

Dokumen ini sifatnya penting dan mendesak, maka ketika melamar kerja harus mengutamakan ketelitian. Dengan kata lain, hal yang ada didepan mata harus disesuaikan dengan situasi serta kondisi yang ada saat ini. seperti halnya melampirkan dokumen tentang keahlian dan sebagainya yang bisa jadi penunjang diterimanya kerja.

8. Perhatikan Tata Bahasa

Perhatikan Tata Bahasa dalam melamar Kerja
Perhatikan Tata Bahasa dalam melamar Kerja

Untuk berikutnya ketika harus mengutamakan etika melamar kerja yaitu dengan memperhatikan tata bahasa. Jangan sampai ada typo atau bahasa yang tidak baku pada dokumen lamaran kerja yang ada. Pasalnya hal ini akan semakin memperburuk citra dihadapan HRD dan perusahaan. Alih-alih melamar kerja malah disepelekan akibat tidak memperhatikan tata bahasa.

Maka dari itu, ketelitian dalam membuat dokumen lamaran kerja yaitu dengan adanya tata bahasa yang benar serta sesuai ini. Maka akan membuka peluang yang lebih baik dalam mendapatkan pekerjaan yang sesuai. Hal ini juga akan menjadi nilai plus dihadapan para HRD dan dinilai sebagai suatu keseriusan dalam melamar kerja.

9. Jangan Kirim Lebih Dari Satu Lamaran

Jangan Kirim Lebih Dari Satu Lamaran (SPAM)
Jangan Kirim Lebih Dari Satu Lamaran (SPAM)

Pada saat akan melamar kerja maka jangan kirim lebih dari satu lamaran kerja pada banyak perusahaan. Jika sudah melamar di satu perusahaan, maka tunggu terlebih dahulu jawaban apakah diterima atau tidak. Jika diterima maka tinggal mengikuti sesuai petunjuk dan mulai bekerja.

Lain halnya jika saat melamar kerja kemudian di tolak, maka bisa memperbaharui dokumen dan langsung mengirimkannya ke bagian HRD. Inilah yang seharusnya dipahami, agar tidak dalam satu waktu mengirimkan lebih dari satu lamaran.

10. Responsif dan Antusias

Pentingnya beretika ketika melamar kerja yaitu dengan cara yang responsif terhadap sesuatu. Hal ini penting dilaksanakan sebagai strategi dalam mengembangkan diri terhadap respon perusahaan. Misalnya ketika lamaran kerja diterima maka langsung segera menanyakan langkah berikutnya dan apa yang harus dilakukan.

Antusias juga penting, tentunya hal ini akan meningkatkan citra diri pada perusahaan yang dilamar. Dimana antusiasme ini menjadi hal yang penting dan harus dilakukan agar mendapatkan respon yang positif dari pihak HRD. Dengan begitu apa yang dikerjakan akan semakin lancar dan bisa meningkatkan kualitas diri dihadapan perusahaan.

Itulah beberapa etika melamar kerja yang penting dilakukan dan diketahui dengan baik. Adapun peluang untuk mendapatkan pekerjaan saat melamar kerja merupakan kemudahan yang diperoleh saat itu juga. Dengan menjunjung tinggi nilai etika maka semakin membuka jalan untuk dihargai oleh perusahaan saat melamar kerja.

Jika anda sedang ingin melamar pekerjaan MyRobin menyediakan aplikasi lowongan kerja yang terpercaya untuk anda. Anda bisa mengunjungi app.myrobin.id dan temukan pekerjaan yang ideal untuk anda. Selamat mencoba dan semoga diterima kerja

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Sales Manager: Tugas, Skill, Peran, Tipsnya

Sales Manager adalah sosok penting yang berperan dalam pertumbuhan perusahaan. Kenali apa itu sales manager, tugasnya, keterampilan yang harus dimiliki dan tips untuk menjadi sukses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cepat kerja, banyak untungnya pula!