Perkenalan Diri saat Interview: Ini Persiapan, Contoh, dan Tips biar Nggak Gugup!

Perkenalan Diri saat Interview

Perkenalan diri saat interview bisa jadi momen menegangkan bagi Anda yang baru lulus dan pertama kali wawancara kerja. 

Kebanyakan pelamar bingung harus menyampaikan apa saja, ketika perekrut meminta “ceritakan tentang diri Anda.”  

Mempersiapkan cara perkenalan diri yang ringkas tapi tetap profesional, bisa meningkatkan peluang keterima di posisi impian. 

Nah, jika Anda sedang mempersiapkan diri untuk wawancara, simak pembahasan ini untuk lihat contoh perkenalan yang benar dan tips biar nggak gugup pas ketemu HRD. 

Persiapan sebelum perkenalan diri saat interview

Wawancara merupakan kesempatan Anda menunjukkan kelebihan pada perekrut. Di saat ini, ada momen yang harus pelamar perhatikan supaya membuat HRD terkesan. 

Yap, perkenalan diri. 

Perkenalan diri adalah pembuka wawancara, sehingga perlu persiapan matang dalam membuat narasi introduce yourself. 

Tujuannya agar informasi tentang diri Anda dapat tersampaikan dengan baik, ringkas, dan jelas serta meninggalkan kesan positif pada HRD. 

Nah, di bawah ini terangkum persiapan yang bisa Anda coba, demi memudahkan proses wawancara hingga ke tahap offering letter. 

1. Riset perusahaan

Tahap pertama adalah melakukan riset perusahaan yang Anda lamar. Melalui riset Anda bisa tahu seluk-beluk perusahaan dan informasi berguna lainnya untuk sesi wawancara. Baca juga pembahasan tentang Pentingnya Melakukan Riset Perusahaan Ketika Melamar Kerja.

Salah satunya yakni apakah sesi wawancara akan dilakukan dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Nah, dari sini bisa mulai persiapan membuat narasi perkenalan diri. 

Jika perusahaan mewajibkan kandidat interview bahasa Inggris, maka mulai pikirkan apa saja yang ingin Anda sampaikan ke recruiter dan perhatikan tata bahasa alias grammar. 

2. Rangkum jawaban yang ingin Anda sampaikan

Cara supaya wawancara berjalan lancar adalah membuat catatan untuk mempermudah latihan. Tuliskan pertanyaan umum dan informasi yang akan Anda sampaikan ketika interview nanti. 

Perkenalan diri saat interview biasanya memuat informasi dasar seperti nama, background pendidikan, pengalaman kerja, dan hobi yang relevan. 

Susun kalimat narasi dan baca dengan lantang untuk mengetahui tata bahasa sudah terstruktur atau belum. 

Apabila interview menggunakan bahasa Inggris, perhatikan grammar-nya dengan baik. Pasalnya, kesalahan penggunaan grammar bisa memengaruhi makna kalimat. 

3. Perbanyak berlatih

Latihan sangat wajib Anda lakukan untuk mengurangi gugup dan melancarkan komunikasi dengan pewawancara. Banyak dari kandidat yang gagal interview karena kurang berlatih.  

Dengan catatan narasi yang sudah Anda buat, gunakan untuk berlatih berbicara di depan cermin atau meminta bantuan teman yang berperan sebagai pewawancara.

Cara ini efektif membantu kemampuan berkomunikasi Anda dan membuat lebih percaya diri ketika jalani wawancara asli. 

4. Persiapkan pertanyaan lanjutan

Tahap terakhir yang patut Anda persiapkan adalah pertanyaan lanjutan wawancara seperti kelebihan dan kekurangan, motivasi bekerja, alasan resign, serta mengapa tertarik melamar di perusahaan ini. 

Selain fokus membuat perkenalan yang baik, persiapkan juga jawaban untuk pertanyaan lainnya karena perekrut tak sekadar menilai kandidat dari perkenalan diri saja. 

Cara perkenalan diri saat interview

Isi perkenalan diri pas wawancara biasanya meliputi nama lengkap, background pendidikan, pengalaman kerja, kelebihan dan pencapaian jika ada, serta ketertarikan. 

Namun, tiap kandidat berhak menambahkan informasi lainnya yang bisa mendukung narasi perkenalan diri. Coba ikuti cara di bawah ini saat HRD meminta Anda introducing yourself. 

1. Sebutkan identitas diri

Pertama kali bertemu dengan HRD jangan lupa menyapa dengan ramah dan jabat tangannya, jika perekrut sudah mempersilakan duduk maka Anda baru boleh ambil posisi. 

Sebagai pembuka wawancara sebutkan nama lengkap Anda, background pendidikan, dan sekilas tentang pengalaman kerja. 

Contohnya “Nama saya Wirdiana Zahra, lulusan SMK 21 Jakarta jurusan akuntansi dengan pengalaman sebagai akuntan 1 tahun di bank perkreditan rakyat.” 

2. Pengalaman kerja

Informasi yang nggak boleh ketinggalan ketika perkenalan diri yaitu pengalaman kerja. Ceritakan tentang posisi dan pencapaian yang sudah Anda raih sebagai contoh

“Selama 1,5 tahun terakhir, saya bekerja sebagai akuntan dan bertanggung jawab membuat pembukuan dan mencatat setiap transaksi perusahaan sehingga data keuangan lebih rapi dan terstruktur demi memudahkan audit internal.” 

Nah, Anda bisa masukkan pengalaman jadi relawan lainnya kalau memperkenalkan diri saat interview volunteer. 

3. Kelebihan diri

Cara perkenalan diri sekaligus menjawab “ceritakan tentang diri Anda?” bisa highlight kelebihan atau pencapaian selama kuliah dan bekerja.  

Misalkan Anda terampil di bidang graphic designer dan menguasai tools seperti adobe photoshop dan coreldraw, maka silakan ceritakan pada perekrut sedikit tentang proyek yang pernah Anda buat menggunakan keahlian yang ada. 

4. Hobi yang relevan

Apakah Anda tahu kalau hobi juga bisa jadi jawaban, ketika perekrut meminta perkenalkan diri? Namun, pastikan hobi yang dipilih relevan dengan posisi yang Anda lamar untuk memperkuat Anda, sebagai kandidat yang cocok untuk peran yang lagi perusahaan buka. 

Contoh perkenalan diri saat interview

Melalui persiapan dan cara di atas, Anda bisa mulai membuat catatan narasi perkenalan diri. Namun, kalau masih belum memahami, mari simak deretan contoh berikut sebagai referensi.

1. Contoh perkenalan diri saat interview untuk fresh graduate

“Perkenalkan saya Adinia Wiratna, lulusan baru Universitas Yudistira jurusan desain komunikasi visual. Selama kuliah, saya aktif dalam berbagai organisasi, mulai dari Himpunan Mahasiswa DKV hingga BEM fakultas”. 

“Di HIMA DKV saya pernah menjabat sebagai wakil kepala event dengan tanggung jawab mengelola acara yang diadakan himpunan mahasiswa fakultas DKV untuk internal sehingga event terlaksana sesuai rencana.”

“Selain itu, saya aktif terlibat dalam pengelolaan tampilan dan desain konten sosial media resmi universitas. Selama memegang tugas tersebut saya berhasil meningkatkan engagement dan menaikkan 2000 follower.”

“Menjadi desain grafis merupakan passion saya sejak sekolah menengah. Oleh sebab itu, saya selalu ingin terlibat dalam pembuatan desain persuasif di lingkup organisasi maupun perusahaan.” 

2. Perkenalan diri saat interview magang

Perkenalan diri saat interview organisasi atau magang isinya tidak jauh berbeda. Masukkan informasi dasar dan yang relevan dengan posisi tersebut.

“Perkenalkan saya Emir Hamzah, mahasiswa semester 5 jurusan akuntansi Universitas Persada. Saya berpengalaman sebagai bendahara di himpunan mahasiswa akuntansi selama 2 periode dengan tanggung jawab mengelola keuangan lebih dari Rp500 juta dan mencatat transaksi serta membuat laporan bulanan menggunakan tools akuntansi.” 

3. Contoh perkenalan diri saat interview lulusan smk

“Baik, terima kasih atas kesempatan memperkenalkan dirinya bapak/ibu. Perkenalkan saya Khairina Habibah lulusan SMK 33 Jakarta jurusan administrasi perkantoran. Menjadi seorang administrator yang andal adalah cita-cita saya sejak sekolah menengah. Oleh karena itu, setelah lulus SMP saya mengambil jurusan administrasi perkantoran di SMK.”

“Selama menempuh pendidikan saya mendapatkan banyak pengetahuan dasar-dasar administrasi di perusahaan kecil dan makro, seperti pencatatan, penyusunan laporan hingga pengarsipan berkas sesuai prosedur.”

“Ilmu yang saya dapatkan di sekolah juga saya praktikan ketika PKL di kantor pengadilan Jakarta selama 3 bulan. Saya membantu administrasi seperti pencatatan, duplikasi, dan pengarsipan berkas kasus pengadilan.”

4. Contoh perkenalan diri saat interview kerja bahasa inggris

Sebaiknya perkenalkan diri Anda dengan singkat dan jelas. Tujuannya menghemat waktu perekrut dan menjaga topik interview tetap fokus. 

Introducing yourself dalam bahasa Inggris yang singkat contohnya seperti ini. 

“Hi, my name is Claire Wilson and I have been working as a copywriter manager for 5 years now. I was a part of the SEO copywriter team at Ruang Cerita for 3 years and before that I worked with Madeline Creative Agency.”

“I have a knowledge of optimization SEO on copy as well. I believe I am the right candidate for this role since I have required skill and experience. I assure you that I will give my best to expand your online reach by content and caption copy for social media.” 

Tips perkenalan diri saat interview kerja

Cara dan contoh perkenalan diri saat interview kerja sudah Anda ketahui, supaya tambah lengkap simak juga deretan tipsnya agar makin percaya diri menghadapi wawancara. 

1. Berpakaian rapi dan formal

Perusahaan memiliki standar masing-masing mengenai pakaian atau seragam karyawannya. Anda bisa meriset seperti apa perusahaan tempat melamar apakah harus formal atau casual. 

Cara meriset bisa melalui website, sosial media, atau menghubungi langsung perekrut melalui pesan supaya lebih jelas dan nggak menyebabkan salah persepsi. 

Walaupun pakaian harus sesuai dengan acara, tetapi utamakan kepentingan. Busana yang nyaman mampu meningkatkan kepercayaan diri. 

2. Hindari bermain ponsel

Anda akan bertemu resepsionis dan beberapa kandidat saat wawancara langsung. Cobalah untuk mengenali perusahaan lewat karyawan yang ada di sana. 

Perkenalkan nama lengkap dan tujuan Anda datang pada resepsionis. Selanjutnya, kandidat akan disatukan di ruangan yang sama dengan pelamar lainnya. 

Nah, daripada bermain ponsel lebih baik Anda berbincang singkat kandidat lain, agar tetap fokus dan nggak mudah kantuk. 

3. Mulailah menyapa perekrut

Jika sudah masuk ruangan perekrut, terapkan basic manner seperti mengucapkan salam, tidak langsung duduk sebelum HRD mempersilkan, dan jaga posisi duduk agar terlihat antusias dan tetap sopan.

Kalimat pembukaan perkenalan bisa menyapa dengan “Selamat siang pak, terima kasih atas undangan wawancaranya, saya sangat senang sekali bertemu dengan bapak hari ini.”

4. Jaga kontak mata

Selama wawancara jaga kontak mata dengan perekrut dan bahasa tubuh. Terkadang kandidat yang bagus komunikasinya melupakan body language. 

Padahal keduanya saling berhubungan. Misalnya, jika Anda memperkenalkan diri sebagai orang yang ramah, tetapi tidak pernah tersenyum sejak pertama kali masuk ke ruangan. 

HRD bisa menganggap pelamar sebagai orang yang angkuh dan berbanding terbalik dengan apa yang barusan Anda katakan. 

Perkenalan diri saat interview online sering menjadi tantangan karena biasanya kandidat cenderung melihat layar daripada kamera. 

5. Jangan terlalu panjang dan perhatikan nada bicara

Cara membuat perkenalan yang asik adalah tidak terlalu panjang. Ingat, waktu HRD tidak banyak untuk mendengar perkenalan diri saja. Batasi maksimal 1-2 menit lalu lanjut jawab pertanyaan berikutnya. 

Di samping itu, imbangi nada bicara jangan terlalu keras atau pelan. Biarkan HRD mengingat nama Anda dengan baik. 

Perkenalan diri saat interview akan terasa mudah kalau Anda mempersiapkan diri dengan maksimal. Semoga cara dan tips di atas bisa membantu mengurangi gugup ketika bertemu langsung HRD. 

Nah, sebagai cadangan Anda dapat mencari pekerjaan lainnya, sambil menunggu hasil wawancara keluar. Kunjungi app.myrobin.id untuk temukan berbagai lowongan pekerjaan terpercaya dari perusahaan ternama di Indonesia. Lamar Sekarang. 

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cepat kerja, banyak untungnya pula!