Kiat Sukses Membangun Teamwork Karyawan Melalui Employee Bonding

employee bonding

Perusahaan tidak hanya membutuhkan pekerja yang berkompeten di bidangnya saja tetapi juga karyawan yang memiliki loyalitas, komitmen, dan kinerja yang lebih lagi untuk organisasi. Sifat demikian dapat terbentuk jika karyawan memiliki keterikatan.

Terkadang karyawan merasa kaku untuk berinteraksi satu sama lain di dalam kantor. Tetapi ketika karyawan dibawa keluar kantor dan didukung oleh suasana informal mereka bisa saja lebih santai dan menikmati kebersamaan.

Pada dasarnya karyawan sudah banyak menghabiskan waktu bersama setelah berjam-jam dan berada dalam situasi yang berbeda sebagai satu kelompok. Dengan begitu, pentingnya employee bonding memungkinkan karyawan memiliki lebih banyak kesempatan dalam rangka menjalin ikatan dan hubungan satu sama lain untuk menemukan minat yang sama. Yuk simak lebih lanjut mengenai Employee Bonding disini!

Pengertian Employee Bonding

Employee bonding atau ikatan karyawan adalah konsep yang mengacu pada hubungan yang kuat antara karyawan dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Bonding dalam bahasa Inggris artinya mengikat, dalam hal ini hubungan emosional antar karyawan. Jika kita mengartikannya sebagai ikatan antar karyawan, maka dapat dipahami sebagai upaya untuk menciptakan ikatan antar karyawan. Pada umumnya bonding terjadi ketika masing-masing karyawan dekat dan aktif berinteraksi.

Karyawan dapat berbagi ide, pengalaman, dan pengetahuan satu sama lain, sehingga memungkinkan mereka untuk bekerja sama dengan lebih efektif dan efisien. Employee bonding juga dapat meningkatkan motivasi karyawan dan membantu menciptakan lingkungan kerja yang positif dan produktif.

Dalam beberapa organisasi, employee bonding juga bisa dengan mengadakan acara sosial atau rekreasi sebagai cara untuk memperkuat hubungan antar karyawan dan meningkatkan semangat kerja. Tentunya dengan terjalinnya ikatan antar karyawan membuat mereka menjadi akrab, pekerjaan menjadi lebih lancar karena komunikasi antar karyawan juga berjalan dengan lancar. 

Manfaat Employee Bonding

Employee bonding bertujuan untuk memperkuat solidaritas dan rasa saling percaya di antara karyawan. Ketika mereka telah terikat, karyawan lebih cenderung bisa menikmati pekerjaan mereka dan bekerja sama dengan baik untuk mencapai tujuan organisasi. Berikut adalah manfaat dari employee bonding:

1. Belajar Satu Sama Lain

Salah satu manfaat utama dari employee bonding adalah belajar satu sama lain. Dalam situasi ini, karyawan dapat berbagi pengalaman, keterampilan, dan pengetahuan, sehingga dapat meningkatkan keahlian mereka dalam pekerjaan. Selain itu, melalui employee bonding karyawan dapat belajar bagaimana bekerja sama secara lebih efektif dan meningkatkan keterikatan dengan perusahaan.

Ikatan karyawan membantu antar karyawan untuk lebih mengenal satu sama lain. Mempelajari lebih banyak tentang gaya kerja, kepribadian, dan minat pribadi rekan kerja serta membantu untuk memahami pentingnya berkolaborasi dan bekerja sama lebih baik.

2. Meningkatkan Komunikasi Antar Karyawan

Komunikasi merupakan salah satu soft skill yang perlu diasah dan dikembangkan karyawan. Melalui bonding mendorong keterampilan komunikasi yang baik. Dalam acara bonding yang dilakukan, karyawan dapat berinteraksi dan berkomunikasi satu sama lain dengan cara yang santai sehingga mereka merasa lebih nyaman untuk berbicara dan berbagi pengalaman serta ide yang dimiliki. Selain itu, karyawan bisa belajar untuk mendengarkan dan memahami sudut pandang rekan kerja mereka. 

3. Mengurangi dan Menghilangkan Konflik Internal 

Dalam situasi kerja, terkadang konflik internal antar karyawan bisa saja terjadi akibat perbedaan pendapat atau tujuan yang berbeda. Konflik semacam ini dapat mengganggu produktivitas dan kinerja tim secara keseluruhan. Employee bonding membantu mengurangi konflik yang kemungkinan terjadi antar karyawan dengan cara pendekatan komunikasi yang efektif untuk meminimalisir terjadinya kesalahpahaman. Pada akhirnya dapat memperbaiki hubungan di antara mereka yang berselisih.

4. Meningkatkan Teamwork

Komunikasi yang efektif menciptakan pemahaman yang lebih baik mengenai peran masing-masing dan tujuan bersama. Sebab setiap tugas dalam tim harus dikerjakan bersama, jadi setiap anggota tim harus mengesampingkan egonya masing-masing. Rasa sense of belonging yang ditimbulkan dari employee bonding tentu mempengaruhi semangat dalam teamwork. 

5. Meningkatkan Kesehatan Mental Karyawan

Employee bonding juga dapat meningkatkan kesejahteraan mental karyawan. Karyawan yang merasa lebih dekat dan lebih terhubung dengan rekan kerja mereka cenderung lebih bahagia dan mengurangi rasa stres dalam pekerjaan mereka.

Rutinitas lima atau enam hari kerja dan beban kerja yang tinggi tentunya berdampak buruk bagi kesehatan karyawan. Beristirahat sejenak dari aktivitas yang suntuk memungkinkan karyawan untuk sejenak melupakan pekerjaan kantor, bersenang-senang, dan kemudian membawa suasana bahagia saat kembali ke tempat kerja. Energi positif ini kemudian yang memicu karyawan untuk berkontribusi untuk perusahaan secara maksimal. 

Aktivitas Employee Bonding 

Untuk membuat karyawan terikat sebagai tim, dorong mereka untuk membangun kedekatan dengan cara merencanakan aktivitas bonding. Aktivitas tersebut dapat dilakukan baik secara online maupun offline. 

1. Secara Online

Ketika pandemi COVID-19 melanda, kegiatan employee bonding secara online semakin menjadi tren dan menjadi alternatif bagi perusahaan untuk tetap menjaga hubungan dan kerjasama antar karyawan. Hingga saat ini online bonding pun juga dilakukan pada beberapa perusahaan.

Terlebih jika perusahaan tersebut memiliki sistem kerja WFH (Work From Home) di mana karyawannya berasal dari berbagai daerah.Meskipun kesulitan untuk menciptakan interaksi langsung, tidak membuat aktivitas employee bonding sebagai sebuah hambatan. Berikut cara untuk melakukan employee bonding secara online: 

  • Snapshot

Ide membangun tim virtual pertama ini mudah dan praktis, yang kamu dan anggota tim lakukan hanyalah mengambil foto atau berfoto dengan handphone. Gambar bisa berupa hewan peliharaan, meja, kamar, aksesori, atau apa pun. Setelah itu, semua orang mengunduhnya dan membuat kolase digital dari foto tersebut.

Kamu dan anggota tim kamu kemudian dapat berkomentar, memuji, atau mengajukan pertanyaan tentang foto yang kamu ambil dan sudah di kolase tadi. Meskipun terkesan sederhana, aktivitas ini bisa menjadi ice breaker yang menyenangkan, lho! 

  • Aliens Have Landed

Permainan ini bagus untuk mendorong komunikasi antar anggota kelompok dan mendorong kreativitas mereka. Cara bermainnya yaitu dengan membagi beberapa anggota tim menjadi kelompok-kelompok yang terdiri dari tiga atau empat orang. Kemudian umumkan bahwa alien telah mendarat di bumi dan alien tersebut tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan tersebut.

Namun, alien tidak dapat berbicara seperti manusia. Oleh karena itu, setiap tim harus dapat menjelaskan perusahaan kepada alien dengan menggunakan lima simbol atau gambar. Para juri kemudian mencatat bagaimana masing-masing tim mendeskripsikan perusahaan dengan simbol tersebut. Pemenangnya adalah gambar atau ikon yang paling menggambarkan perusahaan. 

  • Kahoot

Kahoot adalah salah satu platform game berbasis daring yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk bonding karyawan. Dalam game ini, karyawan dapat berpartisipasi dalam berbagai kuis interaktif yang dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan semangat kerja antar karyawan. Kahoot memiliki berbagai pilihan kategori kuis, mulai dari topik seputar perusahaan, hingga kuis mengenai hobi dan minat pribadi para karyawan.

Melalui kuis ini, karyawan dapat saling mengenal dan mempererat hubungan di antara mereka. Kahoot juga memiliki fitur untuk membuat kuis sendiri, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan perusahaan. Penggunaan Kahoot untuk bonding karyawan dapat membantu membangun budaya kerja yang positif dan menyenangkan. Hal ini dapat menciptakan lingkungan kerja yang positif dan berdampak baik pada kepuasan karyawan dan kesuksesan perusahaan.

  • Room Chat Khusus

Dalam room chat ini, karyawan dapat berinteraksi secara santai dan tidak terlalu formal, sehingga dapat lebih mudah mengekspresikan diri dan saling berbagi pengalaman atau cerita dari kehidupan pribadi. Selain itu, room chat ini juga dapat digunakan untuk kegiatan-kegiatan informal seperti membagikan resep masakan, tips kesehatan, atau bahkan sekedar bercanda dan mengobrol ringan.

Hal ini tentunya dapat meningkatkan semangat kerja dan kebersamaan antar karyawan, sehingga dapat berdampak positif pada produktivitas dan kualitas kerja. Dalam jangka panjang, room chat khusus untuk bonding karyawan juga dapat membantu perusahaan membangun budaya kerja yang positif dan solid, sehingga karyawan akan lebih merasa nyaman dan terlibat dalam pekerjaannya.

2. Secara Offline

  • Gathering

Kegiatan berkumpul atau biasa disebut  gathering merupakan salah satu cara bonding yang paling sering digunakan oleh perusahaan. Aktivitas gathering ini umumnya meliputi beberapa bentuk kegiatan seperti snack time, acara tukar kado, makan malam bersama, sampai dengan acara family gathering yang dikemas sebagai acara hiburan, dilaksanakan dalam suasana yang menyenangkan dan dengan berbagai bentuk permainan (ride-out, paintball, floating, dll), disesuaikan dengan program wisata Kegiatan yang ditujukan untuk membangun kedekatan, kebersamaan antar individu . 

  • Pelatihan atau Workshop

Menghadiri kursus pelatihan juga memperkuat ikatan antar karyawan. Pelatihan atau workshop biasanya membutuhkan banyak diskusi dan interaksi, sehingga nantinya pelatihan ini membantu mendekatkan karyawan. Karyawan yang mengikuti pelatihan, biasanya bervariasi dari beberapa individu hingga satu tim.

  • Monthly Meeting

Pertemuan rutin dengan banyak karyawan juga menyatukan para karyawan. Karena pertemuan tersebut dilakukan secara aktif melalui diskusi, tukar pendapat, kegiatan dan keterbukaan, sehingga masing-masing karyawan dapat mengenal karakter satu sama lain.  

  • Kegiatan Olahraga

Dalam kegiatan olahraga, karyawan dihadapkan pada situasi yang sama dan harus bekerja sama dalam mencapai tujuan yang sama, seperti mencetak gol atau menyelesaikan rute lari bersama. Melalui aktivitas ini, karyawan dapat belajar untuk saling mengandalkan satu sama lain, menghargai kekuatan dan kelemahan masing-masing, serta membangun rasa kebersamaan yang kuat di antara mereka.

Selain itu, kegiatan olahraga juga dapat membantu karyawan untuk melepaskan stres dan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan mereka, yang pada akhirnya dapat membawa dampak positif pada produktivitas dan kinerja mereka di tempat kerja. 

Kesimpulan

Itu dia pengertian, manfaat, dan aktivitas employee bonding yang bisa dilakukan. Intinya, employee bonding merupakan bagian yang penting bagi organisasi dalam memperkuat hubungan antar karyawan dan meningkatkan produktivitas dan kinerja tim. Dengan melakukan employee bonding secara teratur, perusahaan dapat memperkuat hubungan antara karyawan dan menciptakan budaya kerja yang positif.

Bonding team dapat dilakukan dengan berbagai cara, tergantung pada tujuan dan preferensi tim atau organisasi. Namun dalam melakukan bonding team, perlu diingat bahwa setiap tim memiliki dinamika yang berbeda dan metode dapat bervariasi tergantung pada konteks dan karakteristik tim.

Sehingga penting bagi manajer atau pemimpin tim untuk memahami karakteristik tim dan memilih metode bonding yang paling cocok untuk tim mereka. Selain memahami manfaat employee bonding, kamu juga bisa mendapatkan informasi lebih banyak lagi seputar karir di Blog MyRrobin.

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Terima beres! rekrut hingga penggajian