Wajib Tahu! Inilah 6 Perbedaan Sales dengan Business Development

perbedaan sales dengan business development

Pernahkah Anda mendengar istilah Business Development? Apa perbedaan Sales dengan Business Development? Mengapa perlu membedakan dua istilah tersebut?

Business Development merupakan sebuah departemen yang bertugas untuk mengembangkan bisnis perusahaan dalam jangka panjang. Mereka mengelola hubungan antara pelanggan, mitra bisnis, dan pasar.

BD tidak hanya mengejar keuntungan untuk perusahaan. Fokus mereka adalah memikirkan taktik dan strategi agar perusahaan dapat berkembang dengan baik.

Selengkapnya tentang Business Development dapat Anda baca dalam artikel berikut ini

Sedangkan menurut Pipedrive, Sales didefinisikan sebagai transaksi antara dua pihak atau lebih yang melibatkan pertukaran barang atau jasa dengan uang

Baik Sales dan Business Development bekerja untuk meningkatkan profit dan revenue perusahaan, lantas apa saja perbedaan kedua departemen ini?

Perbedaan Sales dengan Business Development (BD)

Beberapa perusahaan sering kali keliru dalam membedakan Jobdesk dari Sales dan Business Development karena banyaknya kesamaan di antara kedua departemen tersebut.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, BD bertugas untuk menyusun strategi untuk mengembangkan bisnis perusahaan, agar perusahaan dapat berkembang lebih jauh lagi, sedangkan Sales bertugas untuk meningkatkan profit dan revenue perusahaan sebesar-besarnya.

Dapat dibilang perbedaan pertama antara Sales dengan BD adalah sifatnya, Sales berfokus pada keuntungan jangka pendek, sedangkan BD lebih ke jangka panjang.

1. Dampak Terhadap Profit Perusahaan

Baik Business Development dan Sales berkontribusi kepada kesuksesan bisnis perusahaan dengan membawa lebih banyak revenue, namun cara yang mereka lakukan, dan rentang waktu yang dibutuhkan untuk menambah revenue tersebut cukup berbeda.

Departemen Sales akan mengidentifikasi leads, melakukan riset, mengembangkannya, dan memindahkannya ke dalam siklus penjualan hingga terjadi closing.

Business Development akan mencoba menemukan peluang pertumbuhan baru bagi perusahaan dan membentuk kerja sama bisnis yang strategis untuk membuka target pasar baru.

2. Rentang Waktu

Perbedaan Sales dengan Business Development yang kedua ada pada rentang waktu. Fokus dalam departemen Sales adalah apa yang dapat dijual oleh perusahaan kepada pelanggan secara langsung, baik barang maupun jasa. Sedangkan Business Development akan membangun hubungan yang dapat membawa pelanggan baru untuk perusahaan di masa depan.

Sebagai contoh, seorang Sales akan menjual barang produksi perusahaan seperti pakaian secara langsung baik kepada pelanggan, ataupun kepada penyalur.

Business Development akan membangun hubungan dengan perusahaan lain seperti misalnya kontrak 7 tahun agar perusahaan partner membeli pakaian dari perusahaan mereka sebagai seragam yang akan dikenakan oleh karyawan perusahaan partner tersebut.

3. Perspektif Pelanggan

Ada 3 tahap yang akan digunakan oleh pelanggan sebelum melakukan pembelian, dimana seorang Sales akan mengambil inisiatif untuk mempengaruhi calon pelanggan pada salah satu tahap di bawah ini.

Tahap pertama adalah Awareness, dimana pelanggan akan mencari solusi yang bisa lakukan oleh perusahaan untuk menyelesaikan masalah mereka. Seperti misalnya seorang pelanggan membutuhkan pakaian jeans baru. Maka mereka akan mulai mencari pakaian Jeans yang mereka sukai untuk mereka beli

Tahap kedua adalah Consideration, dimana pelanggan sudah melihat-lihat beberapa pakaian jeans yang mereka sukai, dan sedang memutuskan pakaian mana yang akan mereka beli.

Tahap ketiga adalah Decision, dimana pelanggan sudah menentukan pakaian apa yang ingin mereka beli, dan sedang membandingkan harganya di antara satu toko dengan toko lainnya.

Business Development akan memanfaatkan tahap pertama untuk memberikan solusi yang dapat menyelesaikan masalah pelanggan, seperti misalnya bekerja sama dengan tim riset dan pengembangan bagi pelanggan untuk mengevaluasi pada tahap pertama pembelian sementara mereka mempertimbangkan semua solusi yang memungkinkan.

4. Sales berfokus pada Produk sedangkan Business Development berfokus pada teknologi

Seorang Sales berfokus pada produk yang dapat langsung ia jual kepada pelanggan, sedangkan business development berfokus pada teknologi yang tersedia untuk mengembangkan solusi yang dapat menyelesaikan permasalahan pelanggan.

5. Tugas harian Sales dan Business Development

Perbedaan Sales dengan Business Development yang kelima adalah tim Sales akan mencari pelanggan dan calon pelanggan potensial untuk menawarkan produk, menjawab pertanyaan seputar produk, mendemonstrasikan produk, dan lain-lain.

Business Development melakukan penelitian di tempat-tempat baru yang potensial untuk menjual produk di masa depan. Mereka juga memikirkan produk dan solusi baru yang mungkin diterima di pasar.

6. Sales bersifat transaksional dan Business Development bersifat relational

Perbedaan Sales dengan Business Development yang terakhir adalah Interaksi. Interaksi Sales dengan pelanggan bersifat transaksional yang melibatkan penjualan barang atau jasa antara penjual dan pembeli. Jika semuanya berjalan dengan baik untuk kedua belah pihak, hasilnya adalah penjual yang mendapat pemasukan dan pelanggan mendapatkan produk yang memenuhi kebutuhan mereka.

Business Development lebih bersifat relasional dimana mereka mengidentifikasi, memupuk, dan menumbuhkan hubungan yang akan membuka jalan baru untuk peluang bisnis di masa depan.

Baca juga: Cari Tahu Apa Itu Business Development dan Skill Pendukung

Demikian merupakan perbedaan Sales dengan Business Development. Untuk informasi seputar karir, bisnis, dan rekrut pekerja hanya di MyRobin.ID

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terima beres! rekrut hingga penggajian