New Logo MyRobin
Search
Close this search box.

Memahami Account Manager: Pilihan Karier yang Cocok bagi Ekstrovert

apa itu account manager

Account manager merupakan pilihan karier yang cocok bagi kamu yang ekstrovert. Pasalnya, pekerjaan ini akan menuntut kamu untuk selalu berinteraksi dengan klien. 

Pekerjaan account manager adalah kombinasi dari sales dan customer service. Kamu bukan saja menjual jasa dari perusahaan, tetapi mempelajari kebutuhan klien dan memfasilitasinya. 

Dilansir dari berbagai sumber, akun manager masuk dalam jajaran pekerjaan dengan demand yang tinggi dan gaji besar. 

Nah, simak tugas dan keahlian yang kamu perlukan, jika ingin berkarir sebagai account manager melalui artikel di sini. 

Apa itu profesi account manager

Sederhananya, akun manajer adalah penghubung antar perusahaan dengan klien. Tugas account manager menjalin hubungan jangka panjang dengan klien pasca penjualan atau purna jual. 

Akun manajer bertanggung jawab memastikan klien puas dengan pelayanan perusahaan. Mereka bertugas mempelajari kebutuhan pelanggan dan memastikan perusahaan dapat memenuhi kebutuhan tersebut. 

Account manajer harus memiliki kemampuan prospecting, komunikasi, dan negosiasi yang baik untuk menyakinkan klien. 

Selain  itu, account manager juga sering terlibat dalam pembuatan strategi, presentasi, penyusunan laporan, promosi penjualan, hingga mengomunikasikan agenda klien pada tim yang  berhubungan. 

Menurut Investopedia, account manager adalah perwakilan perusahaan yang sering berinteraksi dengan klien. Tugasnya mencakup memenuhi kebutuhan, mengawasi, dan memelihara hubungan jangka panjang. 

Tugas account manager 

Account manager biasanya diisi oleh orang dengan kepribadian outgoing atau supel, sebab cenderung mudah bagi mereka berinteraksi dan beradaptasi dengan klien yang beragam. 

Job desk account manager sangat bervariasi, tergantung industri perusahaan. Contoh tugas account manager di perusahaan meliputi memberikan dukungan, melakukan up selling, manajemen umum, dan memberikan bantuan teknis. Tanggung jawab lainnya seperti:

1. Menjalin relasi dengan klien

Jobdesk akun manajer adalah menjalin relasi dengan klien. Setelah menggunakan layanan dan produk dari perusahaan, AM atau account manajer harus bisa membina hubungan jangka panjang dengan klien. 

Hal ini supaya klien tetap menggunakan jasa perusahaan daripada beralih ke kompetitor. Hubungan baik yang terjalin ini akhirnya bisa mendorong loyalitas pelanggan. Contohnya dengan menghubungi klien melalui email atau panggilan telepon. 

2. Memastikan customer satisfaction

Akun manajer merupakan perwakilan bisnis yang bertanggung jawab memastikan klien merasa puas dengan jasa maupun produk perusahaan. Memperhatikan customer satisfaction membuka peluang bagi perusahaan mendapat loyalitas pelanggan. 

Apabila kebutuhan pelanggan terpenuhi oleh jasa dari perusahaan, mereka akan setia dan tidak mudah beralih ke perusahaan kompetitor. 

Alhasil, perusahaan jadi diuntungkan karena jauh lebih murah mempertahankan pelanggan yang ada daripada harus melakukan prospect dari awal. 

3. Membuat proposal media

Sudah dijelaskan sebelumnya, account manager bisa saja terlibat dalam proses pembuatan proposal media untuk dibagikan pada calon klien. Biasanya, kamu akan bekerja sama dengan tim penjualan, produk, dan pemasaran. 

4. Mengelola anggaran pemasaran

Pekerjaan account manager juga berkaitan dengan anggaran. Kamu nantinya bertanggung jawab memperkirakan dan mengelola biaya pemasaran yang mencakup pengeluaran dan pendapatan. 

5. Berkolaborasi dengan tim sales

Akun manajer lebih sering bekerja sama dengan sales. Salah satunya menentukan metode penjualan dan merencanakan strategi pemasaran. 

Bersama tim penjualan, kamu akan mengidentifikasi, mengembangkan peluang, dan memperluas area bisnis untuk menjangkau lebih banyak klien potensial. 

6. Melakukan prospect klien potensial

Kemampuan prospecting diperlukan akun manajer untuk mencari calon klien potensial. Account manajer harus mampu memberikan solusi atas permintaan klien dan mengkomunikasikannya pada perusahaan agar bisa memenuhi permintaan tersebut.  

7. Mengkomunikasikan kebutuhan klien

Peran akun manajer yaitu sebagai jembatan antara perusahaan dengan klien. Akun manajer mempelajari permintaan pelanggan kemudian mengkomunikasikannya dengan perusahaan dan tim yang terlibat. 

Melalui informasi yang didapat, perusahaan dapat memberikan solusi terbaik dan menyesuaikan jasa sesuai kebutuhan klien. 

8. Melakukan negosiasi

Demi menjamin kepuasan pelanggan, akun manajer perlu memahami anggaran klien dan menegosiasikan biaya apabila perusahaan tidak mampu memenuhi permintaan tersebut. Hal ini juga berlaku pada jenis layanan atau produk yang ditawarkan. 

9. Mempersiapkan laporan 

Disebutkan pula tugas akun manager yaitu mempersiapkan dan mempresentasikan laporan secara berkala pada internal dan eksternal yang berhubungan dengan bisnis. 

Skill wajib dimiliki seorang account manager 

Posisi akun manajer termasuk penting di perusahaan. Oleh karena itu, pekerja di bidang ini harus menguasai skill agar memudahkan pekerjaan nantinya, seperti: 

1. Manajemen waktu

Permintaan klien bisa datang di waktu tak terduga. Misalnya, bersamaan dengan banyak kampanye pemasaran yang berjalan. Memiliki kemampuan manajemen waktu sangat dibutuhkan untuk memprioritaskan tugas dan menyelesaikan tanggung jawab tepat waktu. 

2. Komunikasi

Komunikasi merupakan skill dasar yang akun manajer perlu kuasai. Kemampuan ini membantu kamu berinteraksi dengan klien tanpa merasa canggung. Sebagai jembatan antara perusahaan dengan pelanggan, akun manajer akan sering berkomunikasi melalui email dan telepon, demi mempertahankan hubungan kerja. 

3. Perhatian pada detail 

Untuk memegang jabatan sebagai akun manajer, kamu perlu perhatian terhadap detail. Jangan sampai terburu-buru, sehingga memberikan hasil yang kurang baik. 

Hasil kerja kamu dinilai langsung oleh klien. Bisa jadi kesalahan kecil akan berpengaruh besar pada klien perusahaan. 

4. Active listening

Active listening masuk ke dalam prospecting skill. Kemampuan mendengar aktif berguna untuk mempelajari kekhawatiran pelanggan. Sehingga perusahaan dapat membantu mereka. Akun manajer bisa merekomendasikan jasa atau produk perusahaan sebagai solusi atas permasalahan tersebut. 

5. Leadership

Keahlian leadership berguna untuk memberikan dan mengimplementasikan ide dengan cermat. Mereka harus percaya diri dengan ide tersebut demi memastikan pelanggan dan perusahaan tertarik dengan strategi kamu. 

6. Berpikir strategis

Kemampuan berpikir strategis membantu kamu memahami tujuan perusahaan dan mengembangkan cara untuk mempertahankan relasi dengan pelanggan. Selain itu, berpikir strategis berguna membantu perusahaan mendapat prospek menguntungkan lainnya. 

7. Problem solving

Account manager perlu skill problem solving untuk bisa memberikan jawaban atas masalah klien. Solusi yang kamu berikan harus tepat dan dapat memenuhi permintaan tersebut. 

8. Negosiasi

Satu tidak kalah penting adalah skill negosiasi. Selama interaksi berlangsung, klien bisa saja berbeda pendapat dengan perusahaan. Di sini lah kamu berperan menciptakan win-win solution yang memungkinkan kedua pihak saling diuntungkan. 

9. Multitasking

Account manager mungkin saja memegang klien bersamaan dengan tugas lainnya. Kemampuan multitasking sangat membantu menyelesaikan tugas dengan cepat dan tepat waktu. 

10. Customer service skill 

Customer service skill berguna memastikan kebutuhan pelanggan terpenuhi. Bayangkan jika kamu tidak menguasai keahlian ini, proses mempelajari kebutuhan klien jauh lebih menantang. 

Cara menjadi account manager 

Cara sukses menjadi account manager bisa ditempuh dengan deretan cara di bawah ini, diantaranya: 

1. Menempuh pendidikan formal

Salah satu langkah menjadi key account manager adalah menempuh pendidikan formal. Biasanya pekerja di posisi ini berasal dari lulusan diploma dan sarjana. Untuk jurusan universitas, manajer akun rata-rata mengambil studi pemasaran dan sistem informasi. 

2. Menguasai skill 

Skill sangat penting di dunia kerja. Apabila kamu belum menguasai keahlian account manager, pelajari segera mungkin. Sehingga, peluang diterima kerja makin luas.

3. Mengambil sertifikasi

Sertifikasi berguna untuk menunjukkan kualitas kamu pada perusahaan. Mengikuti program sertifikasi dapat memberikan pemahaman mendalam tentang manajemen akun dan strategi meningkatkan bisnis perusahaan. Di samping itu, besar kemungkinan kamu diterima kerja karena unggul dibanding kandidat lainnya. 

4. Mengikuti program pelatihan 

Berikutnya mengikuti pelatihan penunjang profesi untuk meningkatkan keahlian dan pengalaman kamu menangani klien. Program pelatihan membuka peluang diterima bagi kamu yang belum pernah bekerja sebelumnya. 

Jenjang karir account manager 

Berbicara tentang jenjang karir, account manager punya prospek yang bagus. Kamu tidak akan mengalami stuck karena ada 4 tingkatan dari akun manajer yakni:

1. Junior account manager

Junior account manager adalah pekerjaan entry-level. Akun manajer ini biasanya telah menjabat sebagai account executive sebelum naik jabatan. 

2. Senior key account manager

Senior key account manager adalah jabatan di atas junior account executive yang tugasnya menyusun strategi, proses, dan menyediakan sumber daya yang diperlukan klien. 

3. Regional sales manager

Tugas regional sales manager jauh lebih menantang yaitu memanajemen tim penjualan agar mampu mencapai target yang perusahaan tentukan. Sepadan dengan beban kerjanya, regional sales manager memiliki gaji lebih tinggi dibanding 2 tingkatan sebelumnya. 

4. Vice president of sales

Posisi paling tinggi ada direkrut sales. Tugas vice president of sales adalah mengelola aset penting berupa klien dan pendapatan perusahaan. Biasanya posisi ini menuntut skill yang lebih tinggi. 

Kualifikasi account manager 

Melansir Top Resume, perusahaan yang membuka lowongan kerja account manager biasanya memiliki sejumlah kualifikasi berupa: 

1. Memenuhi syarat background pendidikan

Pendidikan menjadi syarat umum bagi pelamar kerja. Kandidat biasanya merupakan lulusan diploma hingga sarjana dari jurusan bisnis, pemasaran, keuangan, teknik informasi, dan ilmu komunikasi. 

2. Memiliki kemampuan manajerial

Kemampuan manajerial menjadi bekal kamu menjalani peran account manager. Sederet skill komunikasi, problem solving, dan berpikir strategis perlu dikuasai sehingga mampu menyelesaikan masalah klien. 

3. Berpengalaman memegang klien 

Perusahaan cenderung mempekerjakan kandidat dengan pengalaman menangani proyek. Hal ini karena skill komunikasi saja tidak cukup menangani klien. 

4. Mampu menguasai teknologi dasar

Perusahaan besar umumnya berinvestasi pada software CRM untuk mengevaluasi hubungan klien dengan perusahaan dan melihat hasil pencapaian. Account manager perlu memahami dasar pengoperasian software agar pekerjaan lebih efisien. 

5. Berpikir analitis dan kritis

Account manager punya kesempatan naik jabatan menjadi regional sales manager. Untuk bisa di posisi ini, kamu perlu melatih kemampuan berpikir kritis dan analitis. 

Perbedaan account manager dan account executive

Memiliki nama yang sama, tidak salah jika sebagian orang tidak dapat membedakan account manager dan account executive. Nah, kamu bisa dimak perbedaan tugas dan peran account manager vs account executive di bawah ini. 

1. Tanggung jawab kerja

Perbedaan signifikan ada pada tanggung jawab kerja. Account executive bertugas melakukan pendekatan dengan klien potensial pertama kali untuk menjalin kerja sama. 

Sementara tugas account manager dilakukan pasca terjadinya kerja sama. Mereka bertanggung jawab menjalin hubungan dengan klien. 

2. Gaji yang diberikan

Gaji senior account manager lebih tinggi daripada account executive karena beban kerja dan jabatannya berbeda. Rata-rata akun manajer mendapat gaji Rp 9-Rp30 juta per bulan, sedangkan account executive sekitar Rp 4 – Rp 10 jutaan per bulan. 

3. Background pendidikan 

Account executive biasanya lulusan dari jurusan administrasi bisnis dan ilmu komunikasi. Sementara account manajer berasal dari keuangan, manajemen, pemasaran, dan sistem informasi. 

4. Jabatan di perusahaan 

Posisi account executive berada di bawah account manager. Kamu berkesempatan naik jabatan, apabila memiliki keahlian dan pengalaman yang mumpuni. 

Keuntungan berkarir menjadi account manager 

Masih belum yakin ingin berkarir sebagai account manager? Simak keuntungan menjadi manajer akun sebagai pertimbangan sebelum melamar kerja. 

1. Adanya jenjang karir

Jenjang karier sama pentingnya dengan gaji. Ketika bekerja sebagai account manager, kamu tidak perlu khawatir karir tidak berkembang. Sebab, account manager memberikan peluang kamu menempati posisi lebih tinggi melalui promosi jabatan. Dari akun manajer, bisa menjadi regional sales manager, dan direktur sales. 

2. Gaji tinggi

Account manager adalah pekerjaan entry level dengan gaji tinggi. Biasanya lulusan baru menerima gaji sekitar Rp5 jutaan, sedangkan posisi senior bisa mencapai Rp 30 juta per bulan. 

3. Terbuka untuk semua jurusan

Meskipun kebanyakan berasal dari jurusan ilmu komunikasi, administrasi, bisnis, dan pemasaran, lulusan di luar jurusan tersebut bisa tetap melamar dan berpeluang diterima jika memiliki skill dan pengalaman yang relevan. 

4. Memiliki demand tinggi 

Seiring perkembangan bisnis, demand perusahaan terhadap peran account manager cukup tinggi. Jadi, kamu tidak perlu karena setiap tahun perusahaan mencari orang untuk posisi akun manajer. 

Gaji account manager

Gaji account manager bervariasi, tergantung kebijakan perusahaan dan upah minimum regional. Faktor penentu gaji dipengaruhi oleh pendidikan, pengalaman, dan skill kandidat. Namun, sebagai gambaran berikut daftar gaji account manager berdasarkan jabatannya.

Jabatan Kisaran gaji 
Account managerRp9.000.000-Rp30.000.000
Key account managerRp14.000.000-Rp17.000.000
Regional sales managerRp15.000.000-Rp17.000.000
Vice president of salesRp35.000.000-Rp45.000.000
Account executiveRp4.500.000-Rp10.000.000

Itulah informasi seputar cara menjadi account manager serta skill yang harus dikuasai. Permudah proses cari kerja kamu dengan app.myrobin.id. Di sana tersedia berbagai lowongan kerja terpercaya dari perusahaan ternama. Daftar sekarang dan lamar pekerjaan impian tanpa ribet. 

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Cepat kerja, banyak untungnya pula!